5 Hal Yang Perlu Orang Kristen Lakukan Di Tahun Baru 2021


Image: churchleaders.com


Tidak terasa bahwa sebagai orang percaya, tidak mudah untuk melalui tahun 2020, di mana peristiwa menyebarnya virus Korona ke seluruh penjuru bumi.

 

Hal ini tentu bukan hanya memusingkan beberapa orang, namun skalanya sudah internasional.

 

Indonesia pun kena dampak yang sangat serius. Mulai dari banyaknya perusahaan gulung tikar, pegawai di-PHK dan ekonomi yang memburuk.

 

Namun jika kita semua bisa melalui tahun yang begitu berat ini, maka sudah pasti semua karena kemurahan dan pertolongan Tuhan untuk bangsa dan untuk hidup kita secara pribadi.

 

Namun sebagai orang percaya (orang Kristen) ada beberapa hal penting yang perlu kita lakukan di tahun 2021, apakah itu? Check this out!

 

 

1. Tetap Berharap Kepada Tuhan

 

Sebagai manusia, tentu tidak semua bisa kita capai dengan prestasi dan kemampuan sendiri.

 

Kita pun butuh orang lain dalam meraih apa yang kita inginkan. Apalagi kalau kita sebagai pegawai yang punya atasan atau bos, apalagi jika anda adala seorang pengusaha.

 


Masih banyak pekerjaan yang lain, yang mana kita masih membutuhkan campur tangan orang lain.

 

Namun tahukah anda bahwa, sekalipun kita membutuhkan orang lain dalam hidup kita dan kita tidak bisa hidup tanpa mereka, akan tetapi kita tetap harus berharap kepada Tuhan.

 

Berharap kepada Tuhan artinya, kita tidak menjadikan manusia dan diri sendiri sebagai acuan tunggal.

 

Berharap kepada Tuhan adalah sikap di mana kita menantikan sesuatu yang baik dariNya.

 

Mendambakan hal-hal yang bernilai jauh lebih tinggi dari apa yang dapat kita gapai dan usahakan dengan bantuan manusia.

 

Berharap adalah salah satu ciri iman orang Kristen selain iman dan kasih. So, tetaplah berharap kepada tangan Tuhan yang ajaib, terutama untuk memasuki dan menjalani tahun baru 2021.

 


2. Tetap Beriman Kepada Tuhan Sekalipun Dalam Situasi Yang Sulit

 

Pasti kita tidak lupa kejadian tahun 2020 yaitu hadirnya Covid-19 yang menjadi sebuah pandemi di banyak negara di dunia.

 

Gerak kita pun tidak bebas lagi, berhubung imbauan pemerintah untuk tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker dan menghidari kerumunan.

 

Dunia belum pernah mengalami tahun yang paling menggemparkan selain tahun 2020. Ada banyak nyawa yang menghilang setiap hari, ada banyak orang yang terinfeksi virus ini setiap hari.

 

Jika kondisi tahun 2020 adalah kondisi yang amat sulit, maka bagaimana dengan iman kita? apakah kita tetap percaya bahwa Tuhan tetap hadir dan memantau sisi-sisi hidup kita?

 

Bisakaha para pasien tetap merasakan tangan Tuhan tetap menyertai mereka? Dapatkan para medis, memiliki keyakinan, bahwa Tuhan turut campur tangan dalam tugas-tugas yang mereka tunaikan?

 

Ini akan menjadi sebuah misteri dalam iman kita. kita bisa dilanda kecemasan, ketakutan, kekhawatiran dan sebagainya.

 

Namun di atas segalanya sesuatunya, apakah kita tetap beriman atau tidak, itulah yang paling penting.

 

Tetap beriman kepada Tuhan sekalipun dalam situasi yang sulit, adalah sesuatu sangat penting dan wajib kita lakukan di dalam setiap masalah dan pergumulan hidup kita.

 

Jangan pernah tidak percaya dan jangan pernah tidak beriman kepadaNya.

 

 


3. Tetaplah Berniat Untuk Beribadah Kepada Tuhan

 

Ibadah online yang dilakukan oleh banyak Gereja adalah opsi terbaik untuk orang Kristen di seluruh dunia.

 

Meskipun ada beberapa Gereja yang sudah memulai ibadah tatap muka (offline) dengan protokol kesehatan, namun masih banyak gereja yang menjalankan ibadah online, demi alasan memproteksi umat dari penyebaran virus Covid-19.

 

Namun, entahkah itu ibadah online atau offline, hal yang perlu kita lakukan adalah tetap beribadah kepada Tuhan.

 

Jika anda menyesali sikap anda yang kurang setia dan tidak rutin beribadah kepada Tuhan sebelum pandemi, maka cobalah membuktikannya dengan setia beribadah secara online.

 

Ibadah online adalah salah satu cara terbaik untuk kita tetap bertahan dalam situasi sulit semacam ini.

 

Namun tetap menyatakan sikap kita untuk berbakti dan datang ke hadirat Tuhan, adalah hal yang esensial dalam iman Kristen.

 

Orang Israel tidak bisa beribadah di Bait Allah di Yerusalem, tatkala mereka berada di pembuangan di Babel selama 70 tahun.

 

Namun mereka tetap tidak menyembah yang lain selain TUHAN (YHWH) sebagai pencipta langit dan bumi ini.

 

Tetaplah berniat untuk beribadah kepada Tuhan, artinya bahwa sekalipun ada tantangan, godaan dan halangan, kita tetap punya niat tulus untuk tetap beribadah kepada Tuhan.

 

Sebagai jemaat yang baik dan taat, sudah seharusnya kita menunjukkan diri, bahwa kita adalah orang yang tidak menjauhkan diri dalam pertemuan-pertemuan ibadah atau jam-jam ibadah Gereja kita.

 

 

 


4. Tetaplah Berusaha Untuk Membaca Alkitab (Firman Tuhan) Setiap Hari

 

Di zaman teknologi yang berkembang pesat sekarang ini, bukanlah hal yang sulit lagi setiap orang bisa membaca Alkitab.

 

Jika anda pengguna Android atau yang lain, tentu di ponsel pintar anda, sudah pasti ada aplikas Alkitab.

 

Anda tidak harus membawa Alkitab fisik kemanapun anda pergi. Namun anda selalu bisa membaca Alkitab dengan mudah di layar ponsel anda.

 

Tidaklah sesuatu yang salah jika kita memakai sebuah ponsel dalam membaca Alkitab.

 

Bukan bentuk fisik dari Alkitab (Firman Tuhan) yang hendak kita baca yang menjadi tolak ukur, namun seberapa sering kita mau meluangkan waktu untuk membacanya, itulah yang paling penting.

 

Sebenarnya dengan bantuan teknologi sekarang, orang semakin terbantu untuk membaca Alkitab dengan lebih mudah.

 

Kita bisa membesarkan huruf, bila mata kita mengalami gangguan mengenai ukuran teks kitab Suci, sehingga kita tidak perlu memakai kaca mata baca.

 

Kita pun bisa membaca Alkitab di layar ponsel dengan warna yang bervariasi sesuai dengan selera anda masing-masing.

 

Namun inti dari semua itu ialah, kita mau dan berusaha untuk membaca Alkitab. Jika tidak, maka teknologi itu sama saja tidak bermanfaat bagi kita.

 

Jika anda yang sudah punya gangguan pada mata anda, anda dapat mendengarkan Alkitab versi audio di ponsel pintar anda.

 

Wow, sangat keren bukan? Apakah kita mau atau tidak, apakah kita bersedia atau tidak, itulah yang menjadi persoalan.

 

Salah satau cara mengenal Tuhan ialah dengan membaca apa isi hatiNya melalui Alkitab yang bisa kita baca dan kita dengarkan.

 

Kita pun bisa memahami kehendak Tuhan dalam pembacaan Alkitab yang kita lakukan setiap hari.

 

                                                  

5. Tetaplah Terlibat Dalam Pelayanan Gerejawi Dengan Semangat

 


Mengambil bagian dalam pelayanan di Gereja, adalah sesuatu yang penting untuk melayani Tuhan.

 

Sebenarnya pelayanan bukan saja di dalam Gereja, bisa di luar tempat-tempat lain seperti sekolah, perusahaan dan sebagainya.

 

Namun pelayanan rutin yang selalu ada, tentunya adalah di dalam Gereja. Mengapa kita harus tetap melayani Tuhan dalam konteks Gereja?

 

Jawabannya adalah, karena Gereja harus selalu hadir di dalam dunia ini sebagai terang, sama seperti apa yang dikatakan Yesus di dalam Injil.

 

Bagaimana orang lain dapat dilayani dengan baik, bila tidak ada yang terlibat dalam pelayanan? Maka sudah pasti gereja akan mati dan stagnan.

 

Pelayanan di dalam Gereja itu sebenarnya sangat banyak. Bukan saja sebagai pemain musik, pimpinan pujian, singers, atau yang lainnya, namun bisa juga memakai teknologi seperti youtube atau media sosial.

 

Jika pelayanan di gereja anda masih bersifat online, maka sudah pasti tenaga yang dibutuhkan adalah mereka-mereka yang paham teknologi dan sejenisnya.

 

Bila tidak ada yang benar-benar melibatkan diri, maka pelayanan di Gereja akan terhambat dan mengalami gangguan dan tentu bisa merugikan jemaat.

 

Bagaimana Gereja berkembang dan jemaat bertumbuh, jika umat Tuhan, tidak bisa merasakan pelayanan yang baik dari Gereja?

 

 

Melibatkan diri dalam pelayanan juga merupakan hal yang penting untuk kita lakukan. Apalagi di masa pandemi ini, Gereja pun ikut kena imbasnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Masih banyak hal yang perlu kita lakukan di tahun baru ini, namun hal terpenting di atas semua itu ialah bahwa kita harus tetap berjuang dalam mengasihi Tuhan.

 

Tidak ada jaminan bahwa tahun 2021 adalah tahun yang akan mudah untuk kita, namun Tuhan selalu menjamin bahwa kita selalu berada dalam penyertaanNya.

 

Dia tidak akan pernah membiarkan kita sendiri di dalam segala apa yang akan kita kerjakan dan rencanakan.

 

Andalkan dan libatkanlah Tuhan apapun yang akan kita tempuh, berjalanlah bersamaNya senantiasa. Amin. Tuhan memberkati.

0 Response to "5 Hal Yang Perlu Orang Kristen Lakukan Di Tahun Baru 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel