KESELAMATAN MENURUT AJARAN ARMINIAN






Sejarah singkat Yakobus Arminius
Tidak banyak orang yang tahu persis siapa itu YakobusArminius kecuali kalau dia adalah seorang yang ingin merelakan waktu dan penyelidikan yang mendalam akan sejarah teologia pada abad-abad setelah reformasi Marthin Luther. James Arminius lahir di Oudewater Holland, tahun 1560). [1] Sesudah meninggal, Arminius merupakan pelopor golongan Remonstran di Belanda pada abad ke-16. Golongan ini juga dikenal dengan nama Arminianisme.

 Baca juga Jaminan Keselamatan Menurut Yohanes 10:28
Ayahnya meninggal pada waktu ia masih bayi. Di bawah pengasuhnya, Arminius belajar di Utrecht dan Marburg. Pada tahun 1576 keluarganya di bunuh oleh orang-orang Spanyol, namun hal itu tidak menjadi hambatan untuk studinya pada tingkat yang lebih tinggi.[2] Ia disokong oleh beberapa saudagar kaya di Amsterdam sehingga ia dapat melanjutkan studinya di Universitas Leiden.
Arminius adalah mahasiswa yang luar biasa cakapnya sehingga ia dikirim ke Jenewa untuk belajar kepada Theodorus Beza pada tahun 1582. Ia  belajar di Jenewa selama enam tahun sehingga baru pada tahun 1588 ia dapat kembali ke Belanda. Arminius ditahbiskan menjadi pendeta  dalam Gereja Hervormd dan bekerja dalam jemaat Amsterdam, ia segera menjadi seorang pengkhotbah yang populer di sana.

Sementara berada Amsterdam, ia diminta untuk untuk menyusun suatu tulisan untuk melawan ajaran-ajaran Coornheert, sekretaris kota Haalem.
Arminianism is a system of theology that grew out of the study an writings of the Ducth Theologian, James Hermann or Jacobus Arminius (1560-1609).[3] Jacobus (James) Arminius (1560-1609) was educated in the Calvinistic tradition, studying at Leiden, Geneva and Basel. At Geneva (1582,1584-86 he studied under Beza but found that he had an increasing aversion to the scholastic theology based on Arestotelian deductive logic.) (Jakobus Arminius dididik di dalam tradisi Calvinis, belajar di Leiden, Geneva dan Basel. Di Geneva dia belajar di bawah Beza tetapi dia memiliki sebuah keengganan akan teologi skolastik yang berdasarkan logika deduktif Aristoteles) [4]

Cikal Bakal Teologi Arminian
Pemikiran yang akhirnya muncul ke permukaan, sehingga melahirkan teologia Arminian, cikal bakalnya berasal dari tokoh utamanya atau nama yang dipakai yang kemudian menjadi sebuah paham teologia yaitu Arminius (Yakobus Arminius). M James Sawyer berkata bahwa:

Theologically, while the first awakening had maintained a strong Calvininistic heritage, the second was more sympatheticc to an Arminian tone. Traced back to Jacob Arminius (1560-1690), Arminianism was a movement within the Dutch reformed Theology that rejected the Calvnistic emphases on predestination and irresistible grace.[5] (Secara teologis, sementara kebangkitan pertama telah mempertahankan warisan Calvinistic yang kuat, yang kedua lebih bersimpati kepada nada Arminian. Ditelusuri kembali ke Yakub Arminius (1560-1690), Arminianisme adalah sebuah gerakan dalam Teologi Reformasi Belanda yang menolak penekanan Calvnistic mengenai takdir dan rahmat ditolak.

Arminian adalah sebuah aliran (paham) teologi, maka bukanlah Arminius yang menjadi pencetus dari gerakan ini (paham/aliran), melainkan para murid-murid yang sudah dididik, dan yang pada akhirnya muncul ke permukaan oleh para penerus Yakobus Arminius. Arminianisme merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menjabarkan pandangan teologis dari Jacobus Arminius (1560-1609) dan gerakan yang mengikuti pengajarannya.[6] Roger E Olson, berkata bahwa Arminius dan Gomarus profesor di Leiden, tidak sepaham dengan ajaran mengenai ajaran pemilihan yang tanpa syarat.

Later Arminius became professor of theology at the Reformed University of Leiden, where he fell into controversy with the other theology professor, Francius Gomarus (1563-1641). Gomarus accused Arminius of teaching heresy because Arminius did not believe in unconditional election. Arminius believed in free will and taught that a person must cooperate with God’s grace in order be saved (Kemudian Arminius menjadi guru besar teologi di Universitas Reformed Leiden, di mana dia jatuh ke dalam kontroversi dengan profesor teologi lainnya, Francius Gomarus (1563-1641). Gomarus dituduh Arminius pengajaran sesat karena Arminius tidak percaya dalam pemilihan tanpa syarat. Arminius percaya pada kehendak bebas dan mengajarkan bahwa seseorang harus bekerja sama dengan rahmat Allah agar diselamatkan.[7]


Penyebaran Dan Pengaruh Ajaran
Jacobus Arminius adalah seorang pendeta dan teolog Belanda di abad 17 dan awal abad16-an. Dia diajarkan oleh Theodore Beza murid Calvin, namun setelah pemeriksaan Alkitab, ia menolak teologi gurunya bahwa Allah yang tanpa syarat memilih beberapa untuk keselamatan. 
The term refers to a man and to a controversy within Pretestantism that erupted around 1600 and was protracted into the 19th century.Iinitially , it was confined to the Reformed or non-Lutheran, churches of the Reformation. as it seems to have been latent in the earlier reforming movement of the Netherlands, so it first surfaced there.( Istilah Arminianisme mengacau pada seseorang dan sebuah kontroversi dalam Protestan yang merebak sekitar tahun 1600 dan berlarut-larut ke dalam abad ke-19. Awalnya itu terbatas Reformed atau non-Lutheran pada gereja-gereja Reformasi.                                                                                                                         
karena tampaknya telah laten dalam gerakan reformasi sebelumnya dari Belanda, jadi    pertama kali muncul di sana) [8]
.
            Arminius mengusulkan bahwa pemilihanAllah adalah orang percaya, sehingga membuatnya bersyarat pada iman. Pandangan Arminius ini ditantang oleh Calvinis Belanda, khususnya Fransiscus Gomarus, tetapi Arminius meninggal sebelum sinode nasional dapat terjadi.
Setelah kematiannya, tantangan untuk standar Reformed, Pengakuan iman Belgia, menimbulkan diskusi yang cukup pada Sinode Dort, yang dibuat lima poin Calvinisme dalam sanggahan pengajaran Arminius. [9] Pada tahun 1609, suatu grup pengikut dari Jacobus Arminius membuat garis besar oposisi mereka pada pada Calvinisme dalam lima artikel doktrinal yang secara kolektif disebut “Remonstrance”[10] yaitu mengenai predestinasi, penebusan, anugerah pendahuluan, ketekunan dan ketidakmampuan natural, yang kemudian menjadi sistem teologi yang sangat berkembang.


Soteriologi Menurut  Kaum Arminian
Tentunya paham akan Soteriologi tidak akan terlepas dari setiap bahasan yang sangat umum yang harus dibicarakan. Khususnya menganai Soteriologi dari Arminan sendiri,  di mana seputar manusia berdosa yang dihubungkan dengan karya Allah yakni yang secara spesifik mengenai keselamatan di dalam Tuhan Yesus. Menurut Arminianisme, iman manusia tidaklah sebuah situasi dari fakta bahwa Allah memberi dan menawarkan keselamatan bagi laki-laki dan perempuan, tetapi hal ini adalah kondisi  di mana seseorang harus bertemu, agar menerima keselamatan yang ditawarkan oleh Allah.[11]
Iman seperti yang didefinisikan oleh penulis Ibrani yaitu bahwa iman merupakan, dasar dari segala sesuatu yang tidak dilihat serta bukti dari sesuatu yang diharapkan oleh seseorang (Ibr. 11:1) merupakan indikasi bahwa iman (pistis) adalah fondasi orang percaya. Efesus2:8-9 berkata bahwa manusia diselamatkan oleh iman dan bukan karena perbuatan. Memang Arminian memunyai pandangan tersendiri mengenai keselamatan keselamatan Menurut Arminianisme, bahwa keselamatan dicapai melalui upaya gabungan dari Allah (yang mengambil inisiatif) dan manusia (yang harus menanggapi) respons manusia menjadi faktor yang menentukan. [12] Sehingga rahmat dan peran manusia menjadi dua hal yang terkombinasi yang saling interrelasi.


Ajaran Utama
Tidak satupun pendapat yang dikemukakan tanpa premis atau konsep yang melandasi cara berpikir yang terealisasi keluar dalam bentuk pernyataan-pernyataan, sebagai tendensi dari sejumlah pemahaman-pemahaman yang sudah disepakati baik pribadi maupun kelompok. Ajaran utama mereka ditelusuri untuk melihat warna teologi mereka seperti apa.

Konsep pilihan
Arminian berkata bahwa , mereka dipilih oleh Allah, karena mereka akan percaya kepada Allah. [13] Pemilihan Allah atas mereka didasarkan kepada iman yang sudah dilihat, melalui pra-pengetahuan Allah, yaitu siapa-siapa orang yang akan menerima dan percaya, maka berdasarkan hal itu, Allah memilih mereka, yang Allah sudah tahu sebelumnya akan percaya. Arminius mengajarkan bahwa pemilihan ialah berdasarkan kepada pra-pengetahuan Allah kepada siapa yang akan percaya.[14]
Mengenai konsep pilihan (election) Arminian tidak sependapat dengan Calvinis, di mana pemilihan itu tanpa syarat (unconditional election) bahwa Allah memiilih manusia untuk diselamatkan (Efe. 1:3,4) dengan istlah yang populernya yaitu predestinasi. Predestinasi ialah menentukan terlebih dahulu.[15] Dengan kata lain Proorizo berarti menandai sebelumnya. Bahwa predestinasi itu terbatas pada orang-orang yang dipilih oleh Allah, sebelum dunia dijadikan berdasarkan pra-pengetahuan Allah.
Daya tarik Arminianisme berdiam dalam keyakinannya bahwa kasih karunia adalah universal diberikan kepada semua orang dan itu adalah dalam kendali individu untuk menerima atau menolak keselamatan Allah. [16] Potensi yang dimiliki oleh seseorang, untuk menerima atau menolak, berada dalam control manusia itu sendiri.  Kasih karunia seperti yang kaum Arminian sebutkan adalah universal, namuan manusia efektivitas kasih karunia itu terletak dalam kemampuan manusia dalam mengendalikan. Menurut Jack W Cottrell, dalam bukunya, Perspective on Election Five Views, berkata:
Arminians insist, however, that God  predestines to give only the ends and  not the means. He predetermines to give salvation to all believers, but he does not predestine certain unbelievers to become believers and the rest to remain in their unbelief. Those who accept Christ through faith do so of their own free choice. Their choice of Jesus Christ is not predestined. That choice, however is foreknown; and as result the choosing ones become the chosen ones, who are then predestined to receive the full blessings of salvation. (Arminian menekankan bahwa Allah menentukan untuk memberi hanya tujuan dan bukanlah sarana. Bahwa Ia menentukan lebih dulu untuk mengaruniakan keselamatan kepada semua orang percaya, tetapi Allah tidak menetapkan orang-orang tertentu yang tidak percaya, yang kemudian menjadi percaya, serta berdiam dalam ketidakpercayaan mereka. Mereka yang menerima Kristus melalui iman, melakukan persis karena pilihan bebas dari mereka sendiri. Pilihan terhadap Yesus Kristus tidaklah ditetapkan. Pilihan semacam itu bagaimanapun juga adalah sudah diketahui sebelumnya, dan sebagai hasilnya seorang yang terpilih, menjadi pilihan, yang kemudian ditetapkan untuk menerima, berkat penuh keselamatan).[17]

Bagi Arminian, pilihan Allah kepada manusia, dipengaruhi secara langsung oleh iman berdasarkankehendak bebas mereka. Jadi, mereka memberi penegasan, bahwa pilihan itu sudah diketahui sebelumnya.


Pemilihan yang tidak terbatas
Berkaitan dengan pemilihan yang bersyarat dari kaum Arminian bahwa kasih karunia sifatnya universal, (terhadap setiap individu) tetapi dengan syarat yang merupakan sebuah akses yaitu bahwa manusia memainkan peranan penting,  jika menolak yaitu sikap yang tidak memberi respons terhadap Allah, dan menerima yaitu sikap yang pada akhirnya percaya kepada Allah. pemilihan dalam pendangan mereka menurut Robert A Peterson  dapat dibagi dalam empat macam yaitu: Robert A Peterson, berkata di dalam bukunya Why I am not an Arminian, yaitu:
Arminian theologians have understood the doctrine of predestination in foru main ways, each compatible with their understanding of human freedom. First, they claimed that election in Scripture is corporate and not individual. Second, Arminian writers have argued that when election pertains to individuals in the Bible, it concerns God’s choosing them for service, not salvation. Third Arminianism has maintained that “the election of particular individuals to be the children of God and heirs of eternal life….. is conditional upon faith and including who believe. Fourth, one Arminian theologian taught that election in Scripture has nothing to do with destinies; rather it is “temporal predestination” and relates only to this life and to be ones who believe it has to do with God’s preducision to bless Christians in various ways. (Para teolog Arminian telah memahami doktrin predestinasi dalam empat cara utama, masing-masing sesuai dengan pemahaman mereka tentang kebebasan manusia. Pertama, mereka menyatakan bahwa pemilihan dalam Alkitab adalah korporasi dan bukan individual. Kedua, penulis Arminian berpendapat bahwa berkaitan pemilihan kapan perorangan dalam Alkitab, hal tersebut berkaitan Allah memilih mereka untuk pelayanan, bukan keselamatan. Ketiga, Arminianisme telah menyatakan bahwa "pemilihan orang tertentu untuk menjadi anak-anak Allah dan ahli waris kehidupan kekal, adalah bergantung pada iman dan termasuk yang percaya. Keempat, seorang teolog Arminian mengajarkan bahwa pemilihan dalam Alkitab tidak ada hubungannya dengan takdir, melainkan adalah "predestinasi temporal" dan berhubungan hanya untuk hidup ini dan menjadi orang yang percaya itu ada hubungannya dengan preducision Tuhan untuk memberkati orang-orang Kristen dengan berbagai cara.) [18]
Arminianisme sebagai penerus dari Yakobus Arminis, yakni setelah kematiannya pada tahun 1609, meneruskan ajarannya, dengan menamakan diri sebagai kaum Remonstran yaitu suatu bentuk yang kontras dari TULIP dari kaum Calvinis. Miles J Stanfold berkata:
God’s choice of certain individuals to salvation before the foundation of the world was based on His foreseeing that they would respond to his call. He selected only those whom He knew would of themselves freely believe the Gospel. Election therefore was determined by or conditionedon what man would do. The faith that God foresaw and on which He based His choice was not given to sinner by God (it was not created by regenerating power of the Holy Spirit) but resulted solely from man’s will. Who would believe (and therefore who would be elected to salvation) was left entirely up to man. (Pilihan Allah atas individu-individu tertentu untuk keselamatan sebelum dasar dunia ini didasarkan pada sebelumnya mengetahui Nya bahwa mereka akan menanggapi panggilan-Nya. Dia memilih hanya mereka yang Ia tahu akan diri mereka sendiri dengan bebas percaya Injil. Oleh karena itu pemilihan ditentukan oleh atau dikondisikan pada apa yang manusia akan lakukan. Iman bahwa Allah melihat sebelumnya dan di mana Dia mendasarkan pilihan-Nya itu tidak diberikan kepada orang berdosa oleh Allah (hal itu tidak diciptakan oleh kekuatan regenerasi Roh Kudus), tetapi hasil hanya dari kehendak manusia. Siapa yang akan percaya (dan karena itu yang akan dipilih untuk keselamatan) yang tersisa sepenuhnya terserah kepada manusia). [19]

Siapa yang akan percaya maka itulah yang akan dipilih, dan sisanya terserah kepada manusia. Pemahaman yang demikian akan membuka suatu pemahaman bahwa setiap manusia, akan berespons terhadap panggilan Allah, karena mereka memiliki kehendak bebas untuk melakukan pilihan.
                                                               
Pemilihan bergantung pada respons manusia
Finalitas pemilihan bagi Arminian mencapai suatu taraf, bahwa pada dasarnya Allahlah yang memilih manusia yang diselamatkan, tetapi hal itu disebabkan oleh karena iman, yang sebelumnya kelihatan. Kaum Arminian dengan gamblang berkata,  bahwa di dalam konsep pemilihan, Allah melihat iman dan siapa yang percaya dikemudian hari. Iman atau orang-orang yang percaya di masa yang akan datanglah menjadi faktor penentu dari pemilihan Allah. Robert A Peterson menambahkan penjelasan mengenai pendangan Arminian akan konsep pemilihan yaitu:
According to this letter, God had decided from all eternity to elect those sinners who believe in Christ, and supply efficacious means for them to arrive at such belief. The decision to elect certain people took place conditionally on God foreseeing the faith of these people, while rejecting those whom He foresees will not remain in faith. Arminius thus distinguished between the unconditional election of Christ as Saviour of sinful humanity, the equally unconditional election of those who have faith in Christ, the unconditional election of the efficacious means of attaining the faith, and the conditione election of predestination implicit in supra-lapsarianism.[20] (Menurut surat ini, Tuhan telah memutuskan bahwa dari kekekalan untuk memilih orang-orang berdosa yang percaya kepada Kristus, dan penyediaan yang ampuh bagi mereka untuk mencapai kepercayaan seperti itu. Keputusan untuk memilih orang-orang tertentu berlangsung yang bersyarat pada Allah yang mengetahui sebelumnya, iman orang-orang ini, sedangkan mereka yang menolak Dia, diketahui sebelumnya, tidak akan tetap dalam iman. Sehingga Arminius membedakan antara pemilihan tanpa syarat Kristus sebagai Juruselamat manusia berdosa, pemilihan yang sama tanpa syarat dari mereka yang memiliki iman di dalam Kristus, pemilihan tanpa syarat, merupakan sarana ampuh untuk mencapai iman dan kondisi  dari pilihan akan predestinasi implisit di dalam supra-lapsarian).



Martin Mulsow dan Jan Rohls berkata bahwa :
In contrast Arminius distinguished between the predestination of classes of people, which is unconditional and independent of foreknowledge, and the predestination of individuals, which is conditional and dependent on foreknowledge. It was of course the case that the faithful would be saved and the unfaithful damned, but an individual person would only be saved under the condition, foreseen by God, that he Believed (Sebaliknya  Arminius  membedakan  antara predestinasi dari pengelompokan orang-orang, yang mana hal itu bersyarat dan tidak bergantung dari pra-pengetahuan, dan pemilihan dari  individu-individu, yang tak bersyarat dan bergantung terhadap pra-pengetahuan. Hal itu tentunya merupakan keadaan bahwa orang setia yang akan diselamatkan dan yang tidak setia dihukum, tetapi seorang individu hanya diselamatkan bergantung kondisi, pra-pengelihatan Allah, yang dipercayanya.).[21]
Jadi, kaum Arminian menyebutkan bahwa ditentukannya sesorang untuk diselamatkan, bergantung akan pra-pengetahuan-Nya, di mana orang yang setia akan diselamatkan, dan orang yang tidak setia dihukum. Jack W. Cottrell, dalam bukunya  Perspective on Election Five Views, menyebutkan, di dalam bukunya Socianism and Arminianism  berkata bahwa:
The classical Arminianism view of predestination, in essence, says that the omniscient God foreknew all who would of their own free choice trust in his saving grace; and on the basis of that foreknowledge, he predestined them to etenal life. He likewise foreknew all who would not trust him for salvation and justly predestined them to eternal condemnation. (Pandangan Arminianisme klasik  terhadap  predestinasi, pada intinya, mengatakan bahwa Allah yang maha tahu, mengetahui sebelumnya semua orang yang karena pilihan bebas mereka percaya di dalam kasih karunia-Nya; dan atas dasar pra-pengetahuan, Dia menentukan mereka untuk hidup kekal. Dia juga mengetahui sebelumnya semua yang akan percaya kepada keselamatan dan tepat menentukan mereka kepada penghukuman yang abadi).[22]

Arminian melihat efektifitas panggilan akan terealisasi, jika manusia pada akhirnya mengungkapkan imannya kepada Allah. Pemahaman seperti ini mengedepankan, apa yang pada akhirnya manusia, bisa lakukan terhadap Allah, supaya Allah, kemudian bersedia menyelamatkan manusia.


Konsep Jaminan Keselamatan
Arminian percaya, bahwa setelah orang menerima anugerah keselamatan maka seseorang juga dapat kehilangan keselamatan.  Falling from grace: those who believe and are truly saved can lose their salvation by failing to keep up their faith, etc. (yaitu mereka yang percaya dan benar-benar diselamatkan dapat kehilangan keselamatan atau gagal menjaga iman mereka).[23] 
Arminianisme on the other hand teaches that salvation can be gained and it can also be lost In a believer’s lifetime, Arminian believe that people can be saved, but as a consequence of their poor choices they can lose their salvation.( Arminianisme di sisi lain mengajarkan bahwa keselamatan dapat diperoleh dan keselamatan itu sendiri juga bisa hilang di dalam hiduip orang percaya. Arminian juga percaya bahwa orang-orang dapat diselamatkan, namun sebagai akibatnya karena kekurangan pilihan mereka, mereka dapat kehilangan keselamatan mereka).[24] Salah satu pokok ajaran mengenai jaminan keselamatan orang percaya, bahwa Armininisme percaya bahwa seseorang dapat Kehilangan Keselamatannya. Arminian menggaris bawahi, bahwa orang percaya bisa atau pada suatu saat tertentu keselamatnnya tidak kekal (bisa hilang). Sekalipun premis ini tidak didukung oleh Alkitab secara eksplisit, namun kepercayaan mengenai mungkinnya keselamatan orang percaya berujung sirna (hilang)
There has been confusion on wheter Arminius believed it was possible for a once regenerate person to apostatize, owing to statement he made in his  Declaration of Sentiments. Yet all agree that Arminius at least laid the groundwork for the Arminian teaching that is is possible for the Christian to fall from Grace (Telah ada kebingungan apakah Arminius percaya adalah mungkin untuk sekali seseorang diregenerasikan bisa murtad, karena keterangan yang dibuat dalam Deklarasi tentang Sentiment. Namun semua setuju bahwa Arminius setidaknya paling tidak meletakkan dasar bagi ajaran Arminian bahwa mungkin bagi orang Kristen jatuh dari kasih karunia.).[25]
Lewis Sperry Capfer berkata bahwa
In conclusion, it may be restated that, as for human experience which the Arminian believes is at times a proof that once saved can be lost again, it cannot be proved that such a case ever existed. On the contrary,  revelation so difines the saving and keeping power of God that it can be said with all assurance, that not one of those who have been truly regenerated has ever been lost nor could such one be lost.( Sebagai kesimpulan dari Arminian, bahwa sekali diselamatkan dapat terhilang lagi (keselamatan bisa hilang), sekalipun Arminian berpendapat, bahwa seseorang yang diselamatkan akan tetap selamat tidak dapat dibuktikan. Bahwa sebaliknya penyataan sangat jelas mengartikan penyelamatan dan kekuatan dari pemeliharaan dari Allah, dapat dikatakan dengan segala jaminan, bahwa tidak seorang pun dari mereka yang sudah benar-benar diregenerasikan, sudah ada yang terhilang atau seseorang yang terhilang) .[26]
Di dalam ajaran Arminian, orang Kudus dapat kehilangan keselamatannya karena mereka tidak bertekun di dalam perjalanan mereka dengan Kristus pada akhirnya. [27]  Dapat disebutkan bahwa di dalam ajaran Aminian orang-orang kudus (orang-orang percaya) dapat kehilangan keselamatan mereka jika mereka tidak bertekun,  di dalam perjalanan bersama Kristus pada akhirnya. Pandangan ini merupakan pandangan yang sangat populer di kalangan Arminian.
Jikalau saja orang percaya sejati bisa kehilangan keselamatan, maka akan sangat sulit bagi seseorang siapakah yang akhirnya diselamatkan, jika dikontraskan dengan apa yang dikatakan oleh Alkitab, yaitu bahwa hidup kekal itu artinya tidak akan binasa (Yoh. 3:16). Keberanian dalam mencetuskan pernyataan kaum Armianian tentang kemungkinan bagi orang percaya tidak mencapai kepada hidup kekal.
Perjalanan sedikit berubah, jika seandainya orang memiliki hidup kekal, namun pada akhirnya tidak memiliki alias hilang. Namun demikian, mereka percaya setiap orang dapat secara efektif menolak tawaran keselamatan dari Allah, dan bahwa seseorang dapat kehilangan keselamatan, jika dia mereka tidak memelihara keselamatan melalui melanjutkannya di dalam iman kepada Yesus. [28]    


Dampak Dosa terhadap Keberadaan Manusia
Kaum Arminian percaya bahwa, Roh Kudus menganugerahkan anugerah kepada setiap manusia, sehingga walaupun mereka sudah berdosa, dengan anugerah yang cukup yang telah tersedia sebelumnya, mencukupi manusia, untuk suatu waktu datang kepada Allah, sekalipun manusia sudah berdosa. Istilah total depravity tidak sedang membuktikan bahwa manusia sama sekali tidak akan mampu datang kepada Allah. Miles, J Stanfold berkata bahwa
Although human nature was seriously affected by the fall, man has not been left graciously enables every sinner to repent and believe, but He does not interfere with man’ s freedom. Each sinner possesses  a free will, and his eternal destiny depends on how he uses it. Man’s freedom consists of his ability to choose good over  evil in spiritual matters. His will is not enslaved to his sinful nature. The sinner has the power to either cooperate  with God’s spirit and be regenerated or resist God’s Grace and perish. The lost sinner needs the Spirit’s assistance, but he does not have to be regenerated by the spirit before he can believe. Faith is the sinner’s gift to God it is man’s contribution to salvation.( Bahwa hakikat manusia yang sercara serius dipengaruhi oleh kejatuhan, tetapi manusia memungkinkan untuk setiap orang berdosa bertobat dan percaya. Allah juga tidak memengaruhi kebebasan manusia itu. Setiap orang berdosa memiliki kehendak bebas, dalam tujuan hidupnya yang bergantung pada bagaimana dia memakainya. Kebebasan manusia terdiri dari dari kemampuannya, untuk memilih kebaikan atas kejahatan dalam hal rohani. Kehendak  manusia itu tidaklah diperbudak oleh keinginan dagingnya. Orang berdosa memiliki kekuatan, untuk bekerja sama dengan Roh Allah, dan tidak regenerasikan atau menolak kasih karunia Allah dan binasa. Orang berdosa yang hilang membutuhkan bantuan Roh Kudus, tetapi manusia tidaklah harus diregenerasikan oleh Roh sebelum ia dapat percaya. Iman adalah hadiah orang berdosa kepada Allah, dan hal itu adalah kontribusi manusia terhadap keselamatan)[29]

Kebejaatan total (total depravity) yang diungkap oleh rasul Paulus di dalam Roma pasal yang ketiga, tidak memberikan bukti bahwa kaum Arminian percaya, bahwa manusia itu benar-benar tidak potensial untuk berbuat baik.  Manusia masih memiliki kehendak bebas yang menuntunnya masuk  di dalam aksi pemilihan akan apa yang baik dan tidak baik bagi mereka. Kebebasan manusia sungguhlah tidak diperbudak oleh natur keberdosaannya, asal saja dia bisa memilih secara tepat apa yang baik, maka dia tentunya memilih dengan baik pula.
Kaum Arminian meletakkan sebuah dasar bagi doktrin tentang keberdosaan manusia yang berbeda, berdasarkan apa yang dikatakan Roma 3:9-20, bahwa “tidak ada yang benar, seorang pun tidak, tidak ada yang mencari Allah” sebaliknya Arminian menegaskan bahwa orang berdosa itu butuh penegasan, semacam konfirmasi dari Allah, supaya pada akhirnya mencapai titik kulminasi, bahwa orang berdosa itu pada akhirnya beriman, supaya dia juga diregenerasikan oleh Allah.
Arminian mengajarkan doktrin dosa asal yang memengaruhi seluruh keberadaan manusia terpisah dari semua kebaikan. Arminian menganggap kemampuan yang diberikan kepada natur manusia yang telah rusak, dan yang memampukan manusia bekerja sama dengan Allah. Perlakuan khusus terhadap kehendak bebas, menjadikan ajaran ini sedemikian memiliki dampak di dalam menanggapi Allah. Arminius believed that the fall of man was not total, holding that there was enough good left in man for him to will to accept Christ unto salvation.( Kepercayaan Arminius bahwa manusia kejatuhan manusia tidak total, dia menambahkan bahwa masih ada kebaikan yang cukup bagi dia untuk menerima Kristus kepada keselamatan).[30]
                                                       
Penafsiran terhadap ayat-ayat krusial

Arminian tentu memiliki alasan mengapa keselamatan orang percaya bisa hilang. Salah satu ayat Alkitab yang menurut mereka menyatakan bahwa, keselamatan bisa ialah, di dlam kitab Ibrani 10:26-31. Jenis yang sama muncul peringatan dlam Ibtani 10:26-31. Di sini penulis memperingatkan bahwa jika seseorang menolak kebenaran kematian Kristus bagi dosa, tidak ada pengorbanan lain untuk dosa, yang tersedia dan tidak ada cara lain untuk datang kepada Tuhan.[31]Penulis Ibrani berkata, bahwa penolakan mereka akan kurban Tuhan,  sesudah memperoleh pengetahuan mengenai kebenaran. Kurban tidak akan pernah tersedia bagi mereka yang menolak kebenaran Kristus.
Ayat ini cukup krusial dan sangat rentan untuk bisa ditafsikan dengan salah, dan memberikan penafsiran yang keliru mengenai ayat tersebut. Penulis Ibrani adalah orang yang yang berlatar belakang Yahudi, sekalipun identitas penulis tidak menyebutkan siapa nama penulisnya. Gaya bahasa dan ini dari kitab Ibrani, sangat kental dengan kebudayaan Yahudi, khususnya mengenai peraturan-peraturan yang menyangkut dengan ibadah dan tabernakel. Penulis kelihatan sangat memahami sejarah dan kehidupan Yahudi, juga pemahaman terhadap Perjanjian Lama.
Arminian melihat ayat ini sebagai salah satu bukti, bahwa adanya kemungkinan bahwa orang percaya jatuh dari kasih karunia, lebih jelasnya lagi, keselamatannya orang percaya bisa hilang. Ayat lain yang dianggap kaum Arminian sebagai bukti bahwa keselamatan orang percaya bisa hilang, yaitu di dalam Wahyu 3:5, di mana disebutkan bahwa pernyataaan “Aku akan menghapus namanya dari dalam kitab kehidupan” dijadikan sebagai premis, nama-nama di dalam kitab kehidupan mungkin dihapus.

Temuan akhir  dan  Puncak soteriologi Arminian
Arminian menemukan sejumlah kesimpulan-kesimpulan, dalam pandangan teologi mereka pada ajaran (doktrin) tertentu dari Alkitab. Tidak bisa dipungkiri bahwa Arminianisme yang dipelopori oleh Yakobus Arminius dan oleh para penerusnya (successor) mengembangkan sayap teologi mereka di dalam kancah dunia internasional.


Keselamatan dari perspektif Allah
Arminian memiliki pandangan mengenai keselamatan, bahwa pemilihan bagi orang percaya adalah berdasarkan iman yang sebelumnya diketahui. Pra-pengetahuan Allah menjadi kunci utama realisasi keselamatan yang diimpartasikan kepadaorang-orang yang efektif merespons anugerah yang sebelumnya sudah diberikan. Iman memainkan peranan penting dalam pemilihan yang disebutkan oleh kaum Arminian. Itulah sebabnya pemilihan menurut Aminian adalah pemilihan yang kondisional, yaitu bergantung kepada iman yang jauh sebelum dunia dijadikan, Allah ternyata sudah terlebih dulu melihat, manusia siapa yang akan menerima tawaran Injil.
Berdasarkan pra-pengetahuan Allah, maka Allah bertindak untuk memilih manusia yang memiliki iman, dan bukan manusia yang tidak memiliki iman yang akan datang. Arminius mengajarkan bahwa pemilihan berdasarkan kepada pra-pengetahuan dari Allah kepada siapa yang akan percaya. [32]

Keselamatan dari perspektif manusia
Di atas telah cukup didiskusikan secara mendalam mengenai berbagai pandangan baik predestinasi yaitu pemilihan bersyarat, bahwa dasar pemilihan Tuhan adalah iman. Kondisi keberdosaan manusia tidak menjadi masalah bagi manusia untuk datang kepada Tuhan, melainkan dengan anugerah yang cukup, manusia ternyata bisa datang kepada Tuhan, jika manusia memberi respons (memiliki iman) bahwa Allah seolah-olah tidak mampu dan tidak berdaulat untuk menyelamatkan manusia, tanpa persetujuan manusia, jauh sebelum dia dilahirkan. Pemilihan terjadi pada saat dunia belum dijadikan. Arminian menjadikan Allah, sebagai penerus aktualisasi keselamatan itu sendiri.
Manusia adalah orang berdosa, tetapi tidak terlalu butuk, sehingga kita bisa memilih untuk datang kepada Allah. Ia mengatakan bahwa kita mampu memilih untuk menerima keselamatan atau tidak untuk memilih keselamatan.[33] Seolah-olah kaum Arminian berkata bahwa, mustahil bagi Allah, untuk melakukannya dengan sendiri, sebab itu Dia butuh kerja sama yang baik manusia. Allah pada akhirnya tidak mampu bekerja sendiri, harus ada kontribusi manusia berupa iman. Iman bagi kaum Arminian adalah hasil dari kerja sama antara Allah dengan manusia yang kemudian menghasilkan keselamatan. Allah membutuhkan sesuatu dari manusia berupa pemberian yaitu iman, yang sebelumnya diketahui, maka Allah menyelamatkan mereka, tidak berdasar apa yang merupakan kehendak personal Allah, melainkan apa yang ada pada manusia pada masa yang akan datang.
Anugerah pendahuluan yang dimaksud oleh Arminian, adalah sebagai persiapan untuk memampukan seseorang untuk menerima tawaran Injil, maka manusia pada akhirnya memiiki kesempatan untuk menolak Allah dan menerima tawaran keselamatan. Iman didefinisikan respons di mana Allah sudah mengetahinya, yang menjadi dasar penyelamatan. Keselamatan hanya melalui iman saja, namun iman yang akhirnya menerima dan percaya kepada Allah.

Keselamatan karena iman plus perbuatan
Keselamatan yang dihubungkan lagsung dengan iman, bahwa Arminian percaya manusia diselamatkan hnya melalui iman, namun iman yang diidentikkan sebagai syarat menerima keselamatan. Menurut Keith D Stanglin, bahwa iman, sebagai penyebab instrumental dari tindakan pembenaran dari Allah dan persatuan dengan Kristus adalah tujuan keselamatan bagi umat pilihan.
They agreed that faith is  the instrumental cause of justification and that union with Christ is the goal of salvation for the elect. According to Arminius, he confessed that grace is necessary for the commencement and continuation of good. These amphases that Arminius and his colleagues held in common have often been overlooked by scholarship. (Mereka setuju bahwa iman adalah alat yang menyebabkan pembenaran dan kesatuan di dalam Kristus adalah tujuan dari keselamatan orang pilihan. Menurut Arminius, dia mengaku bahwa rahmat diperlukan untuk dimulainya dan kelanjutan baik. Menekakan bahwa Arminius dan rekan-rekannya yang diselenggarakan di umum telah sering diabaikan oleh kesarjanaan).[34]
Kaum Arminian secara eksplisit berkata bahwa, anugerah Allah tidak cukup untuk menyelamtkan manusia, jika tanpa kehendak bebas manusia di mana dia memanfaatkan anugerah pendahuluan yang diberikan oleh Allah. Mereka menambahkan bahwa manusia harus bekerja sama dengan Allah, di dalam mewujudkan keselamatan tersebut. Tanpa perbuatan manusia di dalam bekerja sama dengan Allah, maka manusia tidak bisa diselamatkan hanya oleh anugerah Allah, tanpa upaya atau peran manusia itu sendiri.    
                                                        
                                                         Keselamatam bisa hilang
Menurut Arminius, bahwa kasih karunia tersedia terhadap semua orang tetapi bukanlah tidak dapat ditolak; karena mereka melalui kehendak mereka dapat menghalangi keselamatan mereka sendiri. Allah memberikan anugerah kepada mereka yang secara ilahi telah diketahui saleh dan ketekunan akan mendapatkan keselamatan. [35] 
Sebagaimana jika, Arminian berkata bahwa seorang percaya dapat kehilangan keselamatan mereka, maka dia tentunya binasa. [36]  Jika manusia tidak dapat diselamatkan oleh Allah kecuali kalau itu adalah keinginan dari manusia untuk diselamatkan, maka manusia tidak dapat meneruskannya kepada keselamatan kecuali kalau ia meneruskan kepada kenginan untuk diselamatkan.[37]  Arminian menegaskan bahwa manusia tidak akan diselamatkan jikalau ia tidak melanjutkan atau memainkan peran,  bahwa manusia, harus berkeinginan untuk diselamatkan. Maka nyatalah bahwa manusia dengan kata lain, harus benar-benar punya keinginan yang mantap untuk maju selangkah yaitu bertindak untuk diselamatkan.  Menurut James Arminius sendiri, dia berkata di dalam sebuah tulisan yang berjudul  “the works of James Arminius Volume 1, bahwa:
With regard to the certainty (or assurance) of salvation my opinion is, that is possible for him who believes in Jesus Christ to be certain and persuaded, and, if his heart condemn him not, he is now in reality assured, that he is a son of God, and stands in the Grace of Jesus Christ. Such a certainty is wrought in the mind, as well by the action of the Holy Spirit inwardly actuating the believer and by the fruits of faith, as from his own conscience. I also believe that it is possible for such a person, with an assured confidence in the Grace of God and His mercy in Christ, to depart out of this life, and to appear before the throne of grace, without any anxious fear or terrific dread: any yet this person should constantly pray, “ O Lord, enter not into judgement with thy servant!( Berkenaan dengan kepastian (jaminan) keselamatan pendapat Arminius sendiri memberikan tanggapan, bahwa mungkin bagi dia yang percaya dalam Yesus Kristus untuk menjadi yakin dan terbujuk, dan, jika hatinya tidak mengutuk dia, dia sekarang dalam kenyataannya diyakinkan, bahwa dia adalah anak Allah, dan berdiri dalam karunia Yesus Kristus. seperti sebuah keyakinan ditempa dalam pikiran, juga dengan tindakan Roh Kudus dalam hati orang percaya yang menggerakkan mereka dan melalui buah iman, seperti dari hati nuraninya sendiri. Saya juga percaya bahwa adalah mungkin untuk orang seperti itu, dengan keyakinan meyakinkan dalam karunia Allah dan rahmat-Nya di dalam Kristus, untuk berangkat keluar dari kehidupan ini, dan muncul di hadapan tahta kasih karunia, tanpa rasa takut cemas atau ketakutan yang luar biasa : belum ada orang ini harus terus berdoa, "Ya Tuhan, masukkan tidak ke pengadilan dengan hamba-Mu)” .[38]
.
Kaum Arminian secara jelas mengajarkan bahwa seorang percaya mungkin kehilangan keselamatan. Sekalipun Arminius sendiri berkata “saya tidak pernah mengajarkan bahwa seorang percaya sejati, dapat juga secara total atau pada akhirnya jatuh dari iman dan binasa; tetapi saya juga menutupi bahwa ada beberapa teks dari Alkitab yang bagi saya kelihatan untuk menggunakan aspek ini. [39]           
Semua orang yang sungguh-sungguh percaya kepada Yesus Kristus akan bertekun sampai akhir dan keselamatan mereka terjamin dengan pasti, sekalipun mereka masih sering berdosa.[40] Menurut Arminian, rahmat tersedia kepada semua orang, tetapi bukanlah yang tidak dapat ditolak, bahwa Allah memberikan anugerah kepada mereka yang secara ilahi sudah diketahui sebelumnya saleh.


Keselamatan yang  antroposentris
Semua konsep-konsep dari Arminius yang secara luas disebarkan, dan mewarnai dunia teologi terutama dalam Sotriologi sebenarnya tiba kepada suatu pernyataan bahwa keselamatan menurut Arminian pada akhirnya dikategorikan sebagai, keselamatan yang antroposentris yakni keselamatan yang finalitasnya pada manusia. bahwa anugerah Allah  mambawa mereka kepada sikap memilih Allah berdasarkan kehendak bebas mereak Anugerah pendahuluan itu memampukan manusia memberikan respons untuk menanggapi panggilan Allah. Kerja sama antara manusia dengan Allah (kongsi), di mana tanpa previnient grace ( anugerah pendahuluan) yang dianugerahkan kepada setiap manusia mustahil individu-individu pada suatu waktu datang kepada Kristus dan menanggapi keselamatan yang ditawarkan
Menurut Arminian manusia, bahwa mewarisi polusi dari Adam, tetapi tidak kesalahan yang diimputasikan. Kebejatan tidaklah total di dalam manusia, kehendak bebasnya bisa cenderung kepada perbuatan baik.[41]  Sebaliknya anugerah itu akan efektif dan optimal terlaksana, jika kontribusi manusia yaitu berupa “respons”  dengan percaya kepada Allah. Sekalipun pada kenyataannya manusia harus memberi tanggapan dengan percaya kepada Injil, namun anugerah Allah akan gagal total jika manusia sama sekali tidak menanggapi. Hal ini memang adalah hubungan yang logis (masuk akal) namun keselamatan dari perspektif Allah tidak mendapat tempat bagi pemahaman Arminian ini.
Tidak terlalu berlebihan atau menunjukkan suatu kebenaran yang membabi buta, jika keselamatan menurut Arminian, pada akhirnya berpusat kepada manusia, dan bukan Allah sebagai Allah yang berdaulat atas setiap keputusannya, di mana tidak ada satu pun ciptaan yang tidak tunduk kepada sistemnya Allah. Tanggug jawab memang diperlukan dalam hidup ini, tetapi berkenaan' cara manusia diselamatkan, tepat sekali jika istilah “salvation not by works, but faith alone” iman hanya sebagai sarana dan bukan sebagai aspek yang harus ditambah oleh Allah sebagai yang prioritas. Bahwa tetaplah bahwa pribadi yang  menyelamatkan adalah Yesus sendiri, tanpa perbuatan dari manusia sedikitpun.  Menurut Phill Berry, dalam bukunya Eternal Security and its Biblical, yaitu
Resistible grace this says that anyone who doesn’t want to be saved doesn’t have to be saved. This says that we can reject the call of God upon our lives. Basically the Arminians claim that the ultimate gift of salvation depends on our willingness to accept (Kaum Arminian berkata bahwa, anugerah yang dapat ditolak, yaitu bahwa siapa saja yang tidak ingin diselamatkan, tidak harus diselamatkan. Pernyataan ini maksudnya bahwa kita dapat menolak panggilan Allah atas hidup kita. Secara mendasar Arminian mengklaim bahwa pemberian dari keselamatan akhirnya bergantung pada kemauan kita untuk menerima).[42]
.
Dengan kata lain, manusia diselamatkan, itu karena ada niat atau kemauan dari diri seseorang untuk menerima atau untuk diselamatkan. Kaum Arminian secara implisit, berkata bahwa keselamatan itu ditentukan manusia dan usaha manusia, yakni jika dia menerima dan mau. Keselamatan kemudian bagi mereka, adalah keselamatan karena manusia mau. Arminius mengajarkan, bahwa penerimaan keselamatan oleh manusia, karena peran dari Kehendak Bebas (kemauan), dia juga bisa kehilangan keselamatan, sebagai tindakan kehendaknya melalui dosa. [43]

Orang beriman bisa jatuh dari kasih karunia

Alkitab berkata bahwa manusia diselamatkan melalui iman, merupakan pernyataan dari rasul Paulus kepada jemaat di Roma, bahwa orang benar hidup oleh iman (Roma. 1:16-17). Teologi Arminian Oleh karena itu menekankan pentingnya kasih karunia. Seseorang harus "diregenerasi dan direnovasi pada pemahaman, kecenderungan atau akan dan di semua kekuatan-Nya" dalam rangka untuk "memahami, berpikir, akan dan efek apa yang benar-benar baik.[44]
 Mengenai isu kemurtadan Arminius menegaskan bahwa mugkin bagi orang sejati dapat jatuh dari kasih karunia oleh karena dosa tertentu yang dilakukan oleh orang percaya yang pada akhirnya hal itu membuktikan ketiadaan dari iman mereka di dalam Allah.[45] Teologi Arminian menekankan kepentingan dari rahmat itu sendiri, bahwa seseorang harus diregenerasikan dan diubah di dalam pengertian, kecenderungan atau kehendak dan dalam segala kekuasaannya " untuk " memahami, berpikir, akan dan efek apa yang benar-benar baik. Rahmat yang kemudian membuat manusia diregenerasikan, bahwa memiliki pemahaman, serta keinginan akan yang baik.
Menurut Arminius rahmat ilahi adalah penting tetapi tidak merupakan suatu keadaan yang cukup untuk keselamatan, lebih spesifik lagi, bahwa Allah dengan anugerah pendahuluannya membuat manusia mampu untuk bekerja sama dengan kehendak ilahi di dalam keselamatan. [46] Anugerah Allah yang menyelamatkan, memainkan peranan penting di dalam mengaktualisasikan keselamatan kepada setiap orang percaya. Arminian memberi penekanan bahwa manusia diharuskan bekerjasam dengan anugerah pendahuluan Allah, di dalam menerapkan keselamatan. Secara terang Arminius mengatakan bahwa rahmat Allah, tidak akan berhasil menyelamatkan jika tanpa gabungan usaha manusia dengan Allah.









[1]Mildred Bangs, Wynkoop Foundation of Wesleyan, Arminian, Theology (Kansas:Beacon Hill Press of Kansas City,1967) 46. 
[2]Wellen F d, Riwayat Hidup Singkat (Jakarta:Gunug Mulia,2003) 18.
[3]Floyd H Barackman, Practical Christian Theology (USA.Zondervan Publishing House,2001) 17.  
[4]M. James Sawyer,  The Survivor’s Guide To Theology (Michigan:Grand Rapids,2006) 346.
[5]D Jeffrey Bingham, Pocket History of the Church (USA: Inter Varsity House2002) 144.
[6]Paul Enns, The Moody Handbook of Theology 2 (Malang:SAAT,2007) 121
[7]Roger E. Olson, God in Dispute Coversation among Great Christian Thinkers (Grand Rapids: Baker Publishig Group,2009) 23.
[8]Samuel S Hill, Enyclopedia of Religion in the South (Georgia:Mercer University Press,2005) 82.
[10]Paul, Enns. The moody Handbook of Theology 2 (Malang:SAAT,2007) 126.
[11]Timo Pokki, America’s Preacher And His Message  (Boston:University Press of America:1999) 19.
[12]David N Steele&Gurtis C Thomas, The Five Points of Calvinism (New Jersey:Presbyterian and Reformed Publishing Company,1963) 19.
[13]Benjamin Myers,  Milton’s Theology of Freedom (Berlin:Librabry of Congress,2006)  44
[14]Annesah Nasheed, Made Simple Just Like God Planned it (USA: AnnesahNasheed A.U.G. 2011) 287.
[15]Charles C. Ryrie, Teologi Dasar 2 (Yogyakarta:ANDI,2007) 66.
[16]Dorothy Aucher, Dictionary of Literary and Dramatic Cencorship in Tudor and Stuart England (USA:Greenwood Press Publishing,1984 ) 29.
[17]Jack W Cottrell, dkk Perspective on Election Five Views (Nashville Tennessee:Holman Publishers,2006) 81.
[18]Robert A Peterson & Michael D Williams, Why I am not an Arminian (USA: Library of Congress Cataloging in Publicatiion Data 2004) 43.
[19]Miles J. Stanfold, The Complete Green Letters  (Grand Rapids: Michigan1975)316.
[20]Ibid, 16.
[21]Martin Mulsow, Socianism and Arminianism  (Netherlands:library of Congress Cataloging in Publication Data,2005) 11.
[22]Jack W. Cottrell,  Perspective on Election Five Views (Nashville Tennessee:Holman Publishers,2006 94
[23]Ibid, 18.                                                                      
[24]Hsrding Hedgpeth, The Hope Of salvation (USA:Lockman Foundation,2008) 25
[25]Michael  Scott Horton & J Matthew Pinson,  Four Views on Eternal Security (USA:Baker Book Hose,2002) 15.
[26]Lewis Sperry Capfer, Systematic Theology vol 3&4 (Dallas: Dallas Seminary Press,1976) 290.
[27]Dan Malczewski, God’s Plan What Every Christian Sholud Know  (Bloomington:Wesw Bow Press,2010) 64.
[28]George  F Vohs, Am  I Going to Heaven (New York:Strategic Book Publishing,2009) 77
[29]Miles J. Stanfold, The Complete Green Letters  (Grand Rapids: Michigan1975) 316.
[30]Annesah Nasheed, Made Simple Just Like God Planned it (USA: AnnesahNasheed A.U.G. 2011) 287.
[31]Charles Caldwell Ryrie, Basic TheologyA Popular Systematic Guide to Understanding Biblical Truth(Chicago:Moody Publishers,1999)384.

[32]Annesah Nasheed, Made Simple Just Like God Planned it (USA: Annesah Nasheed A.U.G. 2011) 287
[33]Phill Berry,EternalSecurity is it Biblical? (Canada:TraffordPublishing,2009) 57. 
[34]Keith D. Stanglin, Arminius on the Assurance of Salvation the Context, Roots, and Shape of the Leiden Debate, 1603-1609 (Netherland:Brill Hotei Publishing,2007) 238.
[35]Christoper Baker, Absolutism and the Scientific Revolution 1600-1720 a Biographycal Dictonary (USA:Greenwood Press2002) 9.
[36]Jhon H. Palmer, The Five Points of Calvnism (Grand Rapids,Baker Books,2010) 88-89
[37]Duane Edward Spencer, The Five Points of Calvinism in the Light of Scripture (Grand Rapids: Baker Book House Company,2001) 16.
[38]James Arminius, The Works of James Arminius Volume 1 (From Chrstian Classics Ethereal Libabry tanpa hal dan thn)
[39]Charles Caldwell Ryrie, Basic TheologyA Popular Systematic Guide to Understanding Biblical Truth(Chicago:Moody Publishers,1999)381.
[40]Ibid. 19
[41]Charles Caldwell Ryrie, Basic TheologyA Popular Systematic Guide to Understanding Biblical Truth(Chicago:Moody Publishers,1999) 377
[42]Phill Berry, EternalSecurity is it Biblical? (Canada:TraffordPublishing,2009)58.
[43]Tony Marinez, Answer to Tough Question  (Lockman Foundation,2010)78.
[44]Benjamin Myers, Milton’s Theology of Freedom  (Berlin: Library of Congress,2006) 41.
[45] Ibid. 239.
[46]Paul Chulhong Kang, Justification (New York: Peter Lang Publishing,2006) 53.

0 Response to "KESELAMATAN MENURUT AJARAN ARMINIAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel