MASIH BISAKAH ORANG YANG MUALAF DIAMPUNI?




HIDUP KRISTEN.COM - Ada banyak mualaf yang tidak tercatat jumlahnya, entahkah di desa maupun di kota. Walau beberapa situs maupun berita yang menyebutkan jumlah mualaf tertentu, itu tidak mewakili jumlah mualaf yang ada. Boleh jadi para artis dan orang terkenal bisa terhitung, namun bagaimana yang belum terhitung?


Sama halnya dengan orang yang non Kristen masuk Kristen menjadi percaya, walau tidak ada media yang meliputnya, namun angka ini sangatlah banyak. Melalui kesaksian-kesaksian yang bertebaran di dunia maya, kita bisa melihat komentar dan kesaksian di Gereja.

Namun pertanyaan yang sangat penting untuk kita jawab ialah, apakah orang yang mualaf (pindah ke agama seberang) masih bisa kembali kepada Kristus? Secara praktis mungkin sangat sulit untuk memercayai hal ini, walau di kalangan artis pernah terjadi yakni gonta-ganti agama.

Saya membedakan antara agama dan menerima Kristus secara personal. Agama bagi saya masih sangat umum, karena hanya soal KTP dan deklarasi kepada sebagian orang maupun banyak orang. 

Namun menerima Kristus sifatnya sangat pribadi dan berbeda. Jadi kembali kepada topik di atas apakah mualaf masih bisa diselamatkan ataupun kembali kepada Kristus?


1.TIDAK ADA DOSA YANG TIDAK BISA DIAMPUNI OLEH ALLAH


Mungkin bagi anda yang merasa bahwa mualaf adalah orang yang meninggalkan imannya yang semula dan menjadi agama lain, sebenarnya tidak sesederhana itu. 

Saya tahu ada seseorang yang rela menjadi islam hanya karena menikah dengan lelaki yang dia cintai. Perempuan tersebut bukanlah seorang Kristen yang taat dan sungguh-sunguh di dalam imannya.


Pertanyaannya, apakah dia mualaf? Ya, karena dia pindah agama? Apakah dia berdosa dengan pindah agama islam? Pertanyaan saya, apakah dia sungguh-sungguh sudah percaya kepada Kristus? 

Menjadi mualaf dan belum menerima Kristus adalah dua hal yang berbeda namun memiliki ‘persamaan’ yakni sama-sama belum percaya kepada Kristus secara pribadi.

Memang tidak dapat disangkal bahwa ada segelintir rohaniwan yang juga menjadi mualaf, untuk topik ini di kesempatan lain akan saya bahas, karena topik ini cukup mendalam karena harus menjelaskannya dalam nuansa teologi dan bobot yang cukup mendalam.

Siapakah yang tidak bisa diampuni oleh Yesus di dalam Alkitab? Perempuan berzinah, Farisi, orang yang menyalibkan Dia, orang yang berkhianat (muridNya sendiri), orang Yahudi bahkan seorang Paulus yang sudah menentang jalan Tuhan dan akan melakukannya, jika seandainya saja Paulus tidak diubah oleh Tuhan.

Mereka semua yang saya sebutkan di atas, orang-orang seperti mereka bisa diampuni dan diubah oleh Tuhan. Walau Matius 12:31 berkata bahwa hujat terhadap Roh Kudus tidak dapat diampuni, anda dapat membaca dalam artikel saya di sini "Menghujat Roh Kudus, Tidak Dapat diampuni?"

Di dalam 1 Yohanes 1:10 disebutkan bahwa “kita memang memiliki dosa” sama halnya dengan orang yang mualaf” Namun bukan berarti orang yang mualaf tidak bisa diampuni dosanya oleh Tuhan.

Jika anda merasa bahwa dosa yang paling mengerikan adalah orang yang meninggalkan agamanya (agama Kristen), padahal di dalam Alkitab ada begitu banyak dosa yang sangat mencemarkan diri sendiri dan mencemarkan orang lain (Markus 7:21; Matius 15:19-20).




2.JIKA SESEORANG MENGAKU DAN PERCAYA DIA AKAN DISELAMATKAN



Sebenarnya formula seseorang diselamatkan sangat sederhan (bukan dalam melakukan) Yesus mengatakan hal yang sama kepada para pendengarNya dalam Injil Yohanes pasal 7. 

Dia berkata bahwa orang yang percaya kepada Dia, dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup (Yohanes 7:38).

Bahkan Paulus meneguhkan kebenaran ini dalam Roma 10:9 yakn bahwa “setiap orang yang mengaku dengan mulut dan percaya dalam hati maka dia akan diselamatkan”

Apakah ayat ini tidak berlaku bagi mereka yang sudah mualaf? Tentu ayat ini berlaku secara universal. 

Ada begitu banyak dosa yang dilakukan oleh tiap-tiap orang di negara tertentu dan dalam kondisi tertentu. Apakah dosa mereka cukup kuat sehingga tidak dapat diampuni oleh kasih Tuhan?

Paulus memaparkab bahwa kasih Tuhan itu begitu dalam, lebar, tinggi dan panjangnya kasih Kristus (Efesus 3:18). 

Tidak ada tempat yang tidak bisa dijangkau oleh Yesus, tidak ada kedalaman dosa yang tidak bisa diraih oleh kasih Yesus. Tidak ada tempat tinggi yang tidak bisa dicapai oleh Yesus.

Jika anda merasa anda adalah mualaf dan berpikir bahwa anda sudah tidak bisa kembali karena merasa melakukan dosa fatal dan tidak bisa lagi diubah, maka artikel ini akan sangat bermanfaat untuk anda. 

Jika anda sungguh-sungguh percaya mengaku jujur dan datang kepada Kristus, maka anda diampuni oleh Tuhan dan diselamatkan oleh Dia.



Tidak ada dosa yang terlalu hebat dab luarbiasa yang Dia tidak bisa hancurkan kuasanya. 

Jika Dia sudah mati di atas kayu Salib untuk melakukan pendamaian, maka dosa anda terlalu mudah untuk diampuniNya asal anda datang dan percaya dengan sepenuh hati, dengan demikian anda akan diubah oleh RohNya dan mengalami transformasi spiritual.


KESIMPULAN


Jika anda punya rekan, sahabat, keluarga yang mualaf dan anda merasa bahwa mereka tidak bisa kembali lagi, maka anda salah.

Mereka adalah sama yaitu orang-orang yang perlu menerima uluran kasih Kristus. Sama halnya orang berdosa yang membutuhkan pengampunan dan keselamatan, demikianlah keadaan mereka.

Anda tidak perlu merasa putus asa (bagi anda yang mualaf, namun ada sedikit kerinduan untuk kembali kepada Kristus) anda hanya perlu berdoa, minta pimpinan Tuhan, kapan anda mendeklarasikan iman anda kepda Kristus.

Singkatnya bahwa orang yang mualaf yang notabene berpindah agama atau ‘menjual Yesus’ maupun istilah yan lain ‘menjual iman’ masih sangat mungkin untuk kembali kepada Kristus. 

Syaratnya tetap sama yakni anda perlu mengaku dalam mulut dan percaya dalam hati bahwa Yesus adalah juruselamat anda dan yang bisa mengampuni dan menyelamatkan anda. amin

0 Response to "MASIH BISAKAH ORANG YANG MUALAF DIAMPUNI?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel