TIGA MENFAAT BERSYUKUR YANG PERLU ANDA KETAHUI

Image: christianity.com


Sebuah keluarga yang berada di Pedesaan yang sehari-harinya makan singkong rebus dan ikan asin, dikarenakan kondisi ekonomi yang pas-pasan. 

Namun keluarga ini tetap bisa menikmati singkong rebus dan sesekali menikmati sayur daun ubi rebus buatan mereka sendiri. 

Mereka tetap bersyukur dengan apa yang mereka miliki dan dengan apa yang mereka bisa nikmati.

Alkitab memberi pengajaran bahwa sebagai orang percaya kita harus bersyukur kepada Tuhan. Mazmur 118:29 berkata “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.” Masih banyak ayat yang serupa yang menekankan bahwa bersyukur kepada Tuhan adalah salah satu ciri orang-orang yang mengenal Tuhan.

KBBI memberi definisi mengenai bersyukur sebagai “berterimakasih, mengucapkan syukur” sedangkan kata mensyukuri artinya “mengucapkan terima kasih kepada Allah; berterima kasih karena suatu hal”.

Bersyukur berarti bahwa orang percaya harus belajar mengucapkan terimakasih dan berkata ‘syukur’ kepada Tuhan atas apa yang dialami dan diterima dari Tuhan.

Bersyukur bukan saja ketika seseorang mendapat berkat jasmani, bukan pula ketika seseorang mendapatkan hadiah dari orang lain. Bersyukur dilakukan dalam setiap keadaan.

Paulus berkata kepada jemaat di Efesus 5:20 “Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita.”

Tuhan tidak menyuruh kita bersyukur di saat-saat situasi kita dalam keadaan mapan, baik, sehat, sejahtera dan terlindungi namun bersyukur selalu atas apa yang kita rasakan baik dalam keadaan suka dan duka.


Paulus di dalam pembukaan suratnya beberapa kali mengatakan “aku bersyukur” meskipun di saat dia berbicara hal tersebut dia sedang mengalami penderitaan. Bersyukur mengajarkan beberapa hal penting bagi orang percaya.

Pertama, untuk orang percaya belajar menerima dengan lapang dada segala sesuatu yang mereka terima dan alami. Ini tidak mudah, karena apa yang kita dapat seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, dan apa yang kita alami seringkali di luar dugaan dan hal tersebut bertentangan dengan akal dan nurani kita.

Dengan bersyukur seseorang tidak akan menuntut dari apa yang seharusnya dan tidak mengharapkan lebih dari apa yang sudah diterimanya. 

Tidak mudah untuk menerima keadaan atau masalah dan tetap bersyukur. Pilihan yang tersedia bisa jadi omelan dan protes dan akan sangat sulit untuk mengucapkan kata ‘terimakasih’.

Kedua, bersyukur mengajarkan bahwa Tuhan masih memampukan kita untuk menjalani dan menikmati hidup. Ketika seseorang bersyukur walau Dompetnya menipis, uang kontrakan rumah belum dibayar, belum gajian, belum punya sepeda motor (naik angkot), maka dia adalah orang yang bisa menikmat hidup.



Ketika satu keluarga bisa menikmati sarapan sederhana dan ucapan syukur ketimbang makan Pizza di sebuah restoran tanpa ucapan syukur, maka nilainya akan terasa berbeda. Hanya orang yang bersyukur yang diberi kekuatan dan kesanggupan, untuk menerima segala sesuatu yang tidak baik.

Hanya orang yang bersyukurlah yang dapat menikmati sebuah hasil sederhana dari apa yang dikerjakannya, ketimbang punya uang banyak dan harta yang bergelimang, namun ditandai dengan rasa yang tidak puas dan selalu ingin lebih dan lebih lagi.

Ketiga, bersyukur mengajarkan orang percaya bahwa rasa nikmat dan kepuasan bukan terletak dari jumlah yang besar, dan rasa yang enak, ataupun keadaan yang nyaman dan tenang. 

Bersyukur akan memberi rasa tentram dan lega bahwa hal-hal yang kita miliki dan kita alami adalah dalam control Tuhan dan atas sepengetahuan Tuhan.

Percayalah bahwa di saat anda bersyukur kepada Tuhan, maka hidup anda akan terasa enteng, tidak iri ketika orang lain memiliki lebih dari anda. Tidak merasa rumput tetangga lebih hijau dan tidak merasa bahwa masakan tetangga lebih enak dari masakan rumah.

Bersyukur akan melampaui ukuran-ukuran dan standar-standar yang manusia tetapkan dan dengan mengucap syukur kepada Tuhan, kita juga sudah melakukan salah satu kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Oleh sebab itu, apapun yang anda alami dan rasakan, walau tidak sesuai ekspektasimu dan tidak seturut keingananmu, cobalah untuk bersyukur, maka engkaupun akan merasa bahwa anda lebih beruntung dengan apa yang Tuhan sudah berikan dan anugerahkan kepada anda.


0 Response to "TIGA MENFAAT BERSYUKUR YANG PERLU ANDA KETAHUI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel