5 ALASAN MENGAPA MEMILIH SEKOLAH KRISTEN

Image: Sekolah Gloria/YouTube


Pendidikan adalah investasi yang sangat penting di dalam diri seseorang. Bahkan terdampar di sebuah negara, dengan berbekal ilmu, akan membuat seseorang mampu bertahan dan berkiprah.

Pendidikan bukan saja dalam jenjang Perguruan Tinggi (S1, S2 dan S3), namaun juga mulai dari tahap yang paling bawah di dalam sebuah institusi pendidikan.

Sebut saja Play Group (Kelompok Bermain) dan TK (Taman Kanak-kanak). Dalam artikel ini saya tidak ingin membahas pendidikan sebelum anak masuk dalam tahapan ini.

Orang tua tentu memiliki andil di dalam proses pendidikan si anak. Misalnya saja memilih sekolah yang terbaik bagi si anak dalam menempuh pendidikan yang dia jalani.

Orang tua juga berperan penting untuk memastikan bahwa si anak dapat bersekolah di lingkungan yang baik dengan kualitas sekolah yang mumpuni untuk mendidikan anaknya dengan baik.

Namun tahukah anda, bahwa sebagai orang tua Kristen, sangat penting untuk menempatkan anak-anak kita, bersekolah di sekolah Kristen. Ada lima alasan mengapa anda sebagai orang tua, menyekolahkan anak anda di sekolah Kristen.


1. DIDIDIK OLEH GURU-GURU YANG MENGAMALKAN NILAI-NILAI KRISTIANI


Tidak dapat dipungikiri bahwa jika seseorang bersekolah di sekolah negeri atau swasta (non Kristen) tentu yang walaupun terdapat guru-guru Kristen, namun dampak yang diberikan terhadap anak tidak seintens kalau anak-anak sekolah di sekolah Kristen.

Sekalipun ada mata pelajaran agama, yang mana akan diampu oleh guru Kristen, namun di mata pelajaran lain, tentu mata pelajara nyang berbau kekristenan akan sedikit bahkan hampir tidak ada.

Sedangkan jika anak-anak anda bersekolah di Sekolah Kristen, maka guru-guru yang akan mendidik anak-anak pun akan mengamalkan nilai-nilai kekristenan, bukan saja pada mata pelajaran agama, namun di mata pelajaran, metode dan cara penyampaian materi pun akan berbeda.

Jika anak-anak dididik berdasarkan nilai-nilai Kristiani maka sejak dini fondasi penting dalam hidup seorang anak sudah ditanamkan dengan baik.


2.LINGKUNGAN YANG RAMAH TERHADAP ANAK DIDIK

Disadari atuu tidak, lingkungan sekolah juga turut berperan penting dalam proses menempuh pendidikan di sebuah sekolah. Jika lingkungan sekolah mengandung unsur-unsur kekristenan, maka si anak pun akan terbantu untuk memahami hal-hal penting lainnya.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa maksudnya dengan lingkungan semacam itu. Apa yang saya maksud ialah, misalkan sekolah-sekolah tertentu, memiliki ruang khusus untuk ibadah atau ruang khusus untuk berdoa.

Hal ini tentu memiliki nilai tambah pada sekolah Kristen tersebut. Anak-anak akan merasa nyaman, jika misalkan beribadah bersama atau berdoa bersama dengan suasana atau tempat yang nyaman bagi anak-anak.

Kerohanian anak pun, akan mulai dipupuk secara perlahan untuk mengenal sebuah intimasi (relasi) kepada Sang Pencipta yaitu Allah.

Contoh lain yaitu, bahwa terdapatnya gambar-gambar atau tulisan-tulisan yang berupa ayat Firman Tuhan maupun motivasi yang bersumber dari Alkitab.

Setidaknya ketika anak-anak melihat dan membaca, akan memengaruhi alam bawah sadar mereka, bahwa mereka harus memiliki semangat, tujuan, visi yakni memuliakan Tuhan dan sungguh-sungguh belajar dengan baik dan benar.

Kita tidak akan mendapat lingkungan yang ramah bagi anak kita, jika bersekolah di sekolah umum atau non Kristen. Tanpa mengurangi rasa hormat saya, terhadap sekolah non Kristen tersebut.

Namun lingkungan yang membuat anak-anak nyaman dan berada pada area-area yang membuat mereka bertumbuh dengan baik, bukan saja secara kognitif namun juga secara spiritual, akan sangat menolong anak-anak kita.


3.DISIPLIN DI SEKOLAH KRISTEN BERBEDA DENGAN SEKOLAH LAIN


Tentu sekolah Kristen yang sehat, pasti akan mendorong anak-anak didik mereka untuk berdoa kepada Tuhan. Anak-anak awalnya akan dipandu oleh Guru, bagaimana untuk berdoa, namun harapannya kelak anak tersebut, dapat secara mendiri untuk berdoa kepada Tuhan.

Bahkan bentuk-bentuk disiplin yang diterapkan pun akan berbeda terhadap si anak. Apa yang saya maksudkan berbeda, bukan karena, ada toleransi yang kebablasan, bahwa nilai-nilai anak-anak akan dimanipulasi.

Apa yang saya maksudkan ialah, bahwa penegakan disiplin terhadap anak pun, bukan saja dilakukan untuk guru-guru mereka, namun juga untuk Tuhan.

Kolose 3:23 berkata “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”.

Si anak bukan saja melakukan semua peraturan dan tata tertib sekolah untuk guru-guru mereka, namun mereka juga melakukannya untuk Tuhan.

Dengan demikian, si anak benar-benar sudah dididik untuk bertanggungjawab kepada manusia dan Tuhan, menghormati guru-guru mereka dan juga sang Pencipta.




4.PERTUMBUHAN MENTAL DAN SPIRITUAL YANG BAIK

Sekolah Kristen tempat di mana anak didik bersekolah, tentu harus memiliki perbedaan yang krusial jika dibanding sekolah umum, mengapa?

Alasannya adalah bersekolah di sekolah Kristen, bukan saja diajar oleh guru yang takut akan Tuhan dan mengamalkan nilai-nilai kristiani, namun juga si anak akan mengalami pertumbuhan mental dan spiritual yang baik juga.

Jika anak-anak melanggar peraturan, misalkan saja seperti, tidak mengerjakan PR, terlambat masuk sekolah, dan disiplin lainnya, maka si anak akan diajari bukan saja hanya menanggung akibat perbuatannya, namun supaya si anak juga dapat berubah dan belajar dari kesalahan.

Si anak bisa diajak berdoa, si anak akan diberi nasihat, bahkan ayat-ayat Firman Tuhan yang menguatkan mental dan spiritual si anak.

Jika si anak memiliki kelemahan dan keterbatasan dalam satu atau dua buah mata pelajaran, bisa saja guru berdoa, dan mengajak si anak supaya meminta hikmat kepada Tuhan dan mendoakannya.

Pertumbuhan mental and spiritual yang baik ditambah kognitif yang baik pula, maka akan menjadikan anak didik akan kuat bukan saja otaknya, namun jiwa si anak pun turut dibangun dengan baik.


5. TEMAN-TEMAN SI ANAK YANG JUGA BERPERAN PENTING DALAM DIRINYA




Kasus-kasus perundungan (bullying) yang kini marak terjadi di sekolah-sekolah membuat hati orang tua semakin cemas. Saya tidak menjamin bahwa di sekolah Kristen, pasti tidak aka nada kasus bullying.

Namun, apa yang menjadi poin penekanan saya adalah, bahwa teman-teman di mana si anak menempuh pendidikan, juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan si anak.

Misalkan teman si anak mengajarkan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran Alkitab, maka bisa membawa pengaruh yang buru bagi anak-anak kita.

Namun teman-teman yang juga adalah orang yang beriman kepada Kristus dan mengamalkan kebenaran, serta dididik dalam ajaran kekristenan, akan sama-sama dapat memberikan warna positif yang baik dalam diri si anak.

Sesama anak akan dapat berdoa bersama, beribadah bersama dan mendengarkan Firman Tuhan bersama-sama, sehingga mereka memiliki sumber ilmu yang jelas dan teruji.  

Bahkan, jika anak-anak kita mencoba melakukan hal-hal hang melanggar peraturan, maka teman si anak bisa saja mengingatkan dan mengatakan harus takut akan Tuhan dan menjauhi kejahatan, seperti yang diajarkan oleh Alkitab (Amsal 8:13; Ayub 28:28)

Demikian 5 alasan mengapa anda sebagai orang tua, mengusahakan anak-anak masuk di sekolah Kristen yang menurut anda baik dan cocok untuk si anak.

0 Response to "5 ALASAN MENGAPA MEMILIH SEKOLAH KRISTEN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel