Jadikan Tuhan Sebagai Gembala Dalam Hidupmu

 

 

Image: pexels.com/Dan Hamili

Manusia adalah salah satu ciptaan yang termasuk ke dalam kategori omnivora yaitu pemakan segala yaitu tumbuhan dan hewan. Manusia memiliki banyak keinginan yang tidak akan pernah terpuaskan oleh dunia dan segalanya isinya.

 

Jika seseorang sudah kaya, maka tidak berhenti di situ, dia akan ingin lebih. Namun tahukah anda bahwa ada satu raja terkenal di dalam Perjanjian Lama, yaitu Daud.

 

Dia berkata “TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku” (Mazmur 23:1). Daud menyimpulkan kalimat in bukan karena dia tidak punya pilihan lain dalam hidupnya.

 

Daud pun mengatakan kebenaran ini, bukan karena dia tidak mendapatkan apa-apa dari keluarga dan lingkungannya. Daud mengatakan ini dari dalam dirinya sendiri tanpa paksaan dan secara sadar.

 

Dia dengan berani menyebut TUHAN sebagai gembala dan bukan hanya itu dia menambahkan bahwa “dia tidak akan kekurangan apa-apa”.

 

Siapakah manusia yang ketika sudah mulai dapat pekerjaan dan menerima gaji pertama, dan merasa puas hingga tidak menginginkan apa-apa lagi di dalam dirinya?

 

Pastilah setiap orang punya kerinduan dan kebutuhan yang ingin dia penuhi selama ia hidup.

 

Namun jika seseorang mampu dan menyimpulkan kalimat ini dalam dirinya, maka pastilah karena dia sudah benar-benar mengalaminya bersama dengan Tuhan.

 

Daud tidak akan berani menyebut Tuhan, jika bukan karena relasi yang ia sudah punyai sebelumnya.

 

Ada orang-orang tertentu merasa tenang dan nyaman karena mengenal satu figur atau sosok yang cukup terkenal dan berpengaruh secara sosial.

 

Bila Daud bukan menyebut nama manusia di dalam ayat ini, maka pastilah bahwa bukan kepada manusia ia berharap.

 

Jika nama Tuhan yang ia sebutkan, maka ia yakin bahwa apa yang ia rasakan adalah sungguh-sungguh sebuah pengalaman dan keyakinan yang kuat.

 

Daud sangat mengenali apa yang namanya kepuasan sejati dan arti kata cukup. Bagi Daud ketika hidupnya dipercayakan kepada Tuhan sebagai gembalanya, maka ia yang adalah juga sebagai seorang gembala domba pastilah sangat memahami rasa aman dan terpelihara di tangan Tuhan.

 

Keyakinan Daud lebih terperinci lagi ketika dia tahu apa yang Tuhan bisa perbuat bagi dia yaitu Allah bertanggungjawab di dalam menjamin keamanannya (Mazmur 23:2).

 

Apa yang Daud jelaskan di dalam Mazmur 23 ini adalah semua bukti-bukti campur tangan dan pemeliharaanNya dalam dirinya.

 

Bukan hanya Daud yang akan mendapatkan hak-hak istimewa ini dari Tuhan, bahkan kita pun bila kita menjadikan Tuhan sebagai gembala dalam hidup kita, maka.

 

Bila kita tidak pernah mengetahui arti kepuasan yang sejati, maka kita perlu mencari dan menemukannya di dalam Tuhan.

 

Tuhan adalah segalanya bagi kita, apabila kita benar-benar menjadikan Dia pemilik dan kita mau dipimpin dan dituntun oleh Tuhan.

 

Apapun ketidakpuasan yang kita rasakan dan alami sekarang ini, cobalah untuk menemukannya di dalam Tuhan.

 

Dia adalah gembala dan pemelihara jiwa kita, kita akan mendapatkan ketenangan yang hakiki di dalam tangan Tuhan yang ajaib. Amin. Tuhan memberkati.

 

0 Response to "Jadikan Tuhan Sebagai Gembala Dalam Hidupmu "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel