Makin Berat Beban Hidupmu, Makin Tinggi Tingkat Penyerahanmu PadaNya


Image : jhpilan.com


Tidak ada manusia yang bebas dari yang namanya masalah. Bahkan orang yang mengaku tidak punya masalah dan persoalan, bisa jadi dia menyimpan seribu satu masalah yang orang lain tidak ketahui.

Sebagai orang Kristen, memiliki masalah adalah sesautu yang wajar. Bahkan semakin kita sungguh-sungguh mengikuti Tuhan dan semakan mendalam dalam mengenal kebenaranNya, kita makin memiliki tantangan yang besar pula.

Sejatinya, orang Kristen pasti punya masalah dan tidak akan pernah hilang dalam hidupnya. Tidak ada orang Kristen yang dewasa, namun bebas dari masalah.

Tidak ada orang Kristen yang ingin hidup dewasa dan intim dengan Tuhan, namun tidak punya masalah. Tidak ada tokoh di Alkitab yang tidak memiliki masalah.

Bahkan mukjizat Tuhan pun terjadi, karena dilatarbelakangi sejumlah masalah, entahkah itu berat dan dan ringan.

Orang Kristen harus benar-benar menaati Firman Tuhan. Tidak boleh berlaku sama persis dengan dunia. Paulus mengingatkan jemaat di Roma, supaya mereka tidak sama sistem dunia ini.

Paulus memiliki alasan yang sangat masuk akal, karena mereka sudah diselamatkan dan ditebus dengan darah Yesus (Roma 3:23-24).

Hidup dengan sembrono dan tidak mencerminkan bahwa kita adalah miliki Kristus adalah sebuah penodaan terhadap kekudusan Allah.

Bahkan cara berpikir orang Kristen pun tidak boleh sama seperti dunia. Jika orang lain mengajak kita untuk berdosa dan melawan kebenaran Tuhan, maka kita harus segera menolaknya.

Paulus menginginkan jemaat Roma untuk mempersembahkan tubuh mereka sebagai korban yang hidup, kudus dan berkenan kepada Allah (Roma 12:1).

Menyerahkan anggota-anggota tubuh kita kepada Allah, bukanlah sebuah perkara yang ringan.

Jika kita berdosa dengan tangan, mulut, kaki, mata, hati, lidah kita, maka kita harus berbuat benar dengan bagian-bagian tubuh kita juga.

Namun hidup di tengah-tengah dunia yang menindas kebenaran, tidaklah mudah.

Tentu membutuhkan perjuangan dan tekad yang kuat, bahwa kita melakukannya untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Semakin besar badai yang menerpa hidup kita, harusnya semakin tinggi tingkat penyerahan diri kita kepada Allah.

Jangan biarkan diri kita lenyap dan terseret oleh aruh dunia, tat kala kita berada dalam situasi yang sangat sulit.

Semakin deras arus sungai yang kita sebrangi, harusnya kita semakin kuat untuk berpengangan.

Semakin sukar tantangan dan masalah hidup yang menerapa, harusnya kita semakin sungguh-sungguh menghampiri Dia.

Ketika masalah datang menghadang, pastikan dirimu tidak hilang dan semakin terseret arus dunia ini.

Semakin besar badai yang ingin mengancurkan dan membinasakanmu, semakin besar pula kita harus berpegang kepada Dia.

Jangan biarkan masalah menghalangi hubungan kita dengan Tuhan. Masalah mungkin bisa mengganggu relasi kita dengan Tuhan, namun masalah tidak boleh memisahkan kita dari Dia.

Semakin kita memiliki masalah yang berat, pastikan dirimu semakin berserah dan semakin taat kepada Dia dan tetap berpegang kepada FirmanNya.

Jika orang lain makin memiliki persoalan dan tantangan justru semakin jauh dari Tuhan, maka sebaliknya, semakin kita memiliki badai hidup yang besar, marilah kita semakin berserah dan bersandar kepada Tuhan.

Iman berbanding lurus dengan penyerahan hidup kita padaNya. Makin kita beriman, harusnya kita makin taat dan berserah penuh padaNya.



Makin kita bimbang, maka hidup kita akan semakin lenyap dan terdampar di antah-berantah.

Makin berat beban hidup yang menimpa kita, baiklah kita semakin setia dan tetap berpaut padaNya.

Iman seseorang akan benar-benar melalui sterilisasi, apakah kita benar-benar memiliki iman yang murni atau memiliki iman campuran.

Waktu akan mengujinya dan akan membuktikannya. Ayub berkata “Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas” (Ayub 23:10).

Kualitas apakah yang kita miliki, akan terlihat seiring dengan waktu, apakah kita benar-benar orang beriman padaNya atau tidak. Amin, Tuhan memberkati.

0 Response to "Makin Berat Beban Hidupmu, Makin Tinggi Tingkat Penyerahanmu PadaNya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel