Berakar Kuatlah Di Dalam Kristus, Supaya Hidup Kita Bertumbuh


Image : medium.com


seorang anak kecil, mencabut tanaman dan ingin memindahkannya ke pot yang baru saja dia beli.

Dia tidak menyadari bahwa ketika dia memindahkan tanaman tersebut, ada saja akar yang tertinggal di dalam tanah.

Memang benar, saat dia berusaha memindahan tanaman ke wadah yang lain, beberapa akar justru masih tertinggal di dalam tanah.

Beberapa hari kemudian, tanaman yang dia pindah tersebut, akhirnya layu dan kering, hingga tanamannya mati.

Sebagai orang Kristen, sangat penting untuk kita selalu berakar di dalam Kristus.

Alkitab mencatat “Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu” (Kolose 2:7).

Paulus mengingatkan jemaat di Kolose supaya mereka berakar di dalam Kristus dan dibangun, hingga semakin bertambah kuat dalam iman.

Paulus tahu bahwa orang percaya harus terus tertanam di dalam kebenaran Allah, sehingga kebenaran itulah yang merasuk di dalam dirinya dan mengontrol kehidupan orang percaya.

Paulus ingin menghindarkan umat Tuhan dari pengaruh-pengaruh ajaran yang lain yang tidak menurut kebenaran Kristus (Kolose 2:8.

Sebagai orang Kristen, kita tidak memiliki pilihan untuk berakar di luar Kristus. Yesus pernah mengingatkan para muridNya supaya tinggal di dalam Dia.

Yesus mengumpamakan sebuah ranting yang selalu melekat pada pokok, demikian juga kita tidak boleh lepas dari kebenaran Kristus (Yohanes 15:4-8).

Justru dengan kita tinggal dan berakar di dalam Tuhan, maka kita bisa memperoleh nutrisi-nutrisi yang berguna untuk iman kita.

Kebenaran Kristus justru akan mengalir di dalam diri kita, ke dalam pikiran dan hati kita.

Kebenaran Kristuslah yang mendiami kehidupan kita. Kita akan bertumbuh dan berbuah, sehingga kita terus dipelihara olehNya.

Tidak berakar di dalam Kristus itu ibarat tanaman yang dicabut namun menyisakan akar-akar utama, sehingga pada akhirnya kekeringan dan kegersanganlah yang ada.

Jika kita merasa bahwa hidup kita gersang dan mengalami tahun-tahun kering, mungkin kita sedang tidak berakar kuat di dalam Tuhan.

Kita harus menyerap Firman Tuhan di dalam hidup kita, dan kita harus membiarkan Tuhan menempati sisi-sisi dalam hidup kita.

Biarkanlah dirimu tetap melekat padaNya dan biarkan Dia menopang anda. Bukan pohon yang menopang akar, melainkan akarlah yang menopangnya.

Kristuslah yang menopang kita, karena kita berakar di dalam Dia. Teruslah biarkan dirimu tetap tertanam di dalam kebenaranNya, hingga kita kokoh dan menghasilkan buah.

Dia akan memelihara kita dan akan menjamin kita, tat kala kita tetap setia kepadaNya dan tidak beranjak keluar dari kebenaranNya. Amin. Tuhan memberkati.


0 Response to "Berakar Kuatlah Di Dalam Kristus, Supaya Hidup Kita Bertumbuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel