Tuhan Adalah Sumber Jawaban, Sekalipun Dunia Tidak Bisa Menawarkan Solusi

 

 

Image : pexels.com/anna shvets

Beberapa tahun yang lalu, untuk pertama kali saya mengenal sebuah tulisan yang menjadi slogan sebuha perusahaan yang sudah menjamur di Indonesia yang bunyinya “mengatasi masalah tanpa masalah”.

 

Barangkali makna yang terkandung di dalam pernyataan tersebut adalah hal yang akan mereka tawarkan kepada banyak orang.

 

Tahukah anda bahwa setiap orang di manapun ia berada dan apapun situasi yang kini ia alami, pastilah membutuhkan jawaban.

 

Setiap pelajar atau mahasiswa yang sedang kesulitan mengerjakan tugas dari sekolah, pasti memahami betapa pentingnya solusi atas masalah atau PR yang harus ia segera tuntaskan.

 

Alkitab mencatat dengan jelas bahwa Daud percaya bahwa “pertolongannya adalah dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi” (Mazmur 124:8).

 

Bahkan pemazmur lain berkata di tengah-tengah masalah ia sedang hadapi dan hamper putus asa berkata “bahwa pertolongannya adalah dari Tuhan yang tidak akan membiarkan kakinya goyah dan tidak akan terlelap” (Mazmur 121:1-3).

 

Alasan mengapa setiap manusia membutuhkan jawaban atau solusi dalam hidupnya ialah, karena tidak satupun manusia yang bebas dari yang namanya kekurangan, kelemahan, penyakit, penderitaan.

 

Bahkan medis selalu berupaya untuk menawarkan dan memberikan pengobatan yang semakin terbaru untuk pasien yang membutuhkannya.

 

Sebagai orang percaya pun tidak luput dari yang namanya pergumulan.

 


Pergumulan yang dimiliki orang yang mengenal Tuhan bahkan jauh lebih besar, karena harus berjuang untuk mengikuti kehendak Tuhan di tengah-tengah kefasikan dan kelaliman dunia ini.

 

Pertanyaan yang harus kita jawab sebagai orang yang beriman ialah “siapakah sumber pertolongan yang kita percayai?”.

 

Banyak jawaban yang bisa diupayakan oleh manusia. Mulai dari yang singkat, praktis, bahkan sesuatu yang berbau kegelapan pun diusahakan.

 

Berada di dalam situasi terjepit akan membuat pilihan makin sedikit dan seringkali terjebak kepada situasi darurat.

 

Ujian terhadap iman, apakah tetap bertahan dan percaya kepada pertolongan Tuhan menjadi sebuah pertaruhan yang serius dan intens.

 

Namun Daud tidak bimbang dan mengalamatkan sumber pertolongan yang ia cari. Ia tidak mencari pertolongan kepada dewa dan roh-roh jahat.

 

Daud percaya bahwa Tuhan adalah pribadi yang menjadikan langit dan bumi, bahwa ia percaya Tuhanlah yang berdaulat dan berkuasa di alam semesta ini.

 

Ia jelas memahami kepada siapa dia harus mengadu dan sumber solusi yang harus dia cari.

 

Bagaimana dengan anda? Siapakah sumber pertolongan dan solusi anda di dalam segala situasi dan kondisi baik berat, ringat, genting dan urgent?

 

Daud adalah contoh pribadi yang tetap percaya bahwa tidak ada sumber pertolongan kedua, ketiga, keempat di luar Tuhan.

 

Harusnya kita pun melakukan hal yang serupa, yaitu tetap percaya dan berpegang kepada pertolongan dari Tuhan, dan tidak berusaha menduakanNya.

 

Bagi Daud Tuhan bukanlah nomor dua maupun nomor tiga, melainkan nomor satu dan yang terutama.

 

Bila kita menjadikan Tuhan yang utama, maka kita pun siap hanya membuka hati dan selalu menjadikan Tuhan sebagai pilihan satu-satunya.

 

Apapun masalah yang sedang anda hadapi dan persoalan yang sedang menghantam, marilah menjadikan Tuhan sebagai sumber pertolongan.

 

Tuhanlah pencipta dan penguasa dunia ini, tidak ada yang melebihi dan menandingi wibawa dan otoritasNya.

 

Percayalah hanya kepada Dia yang bisa kita andalkan di saat apapun dan dalam situasi apapun kita saat ini. Amin. Tuhan memberkati.

 

0 Response to "Tuhan Adalah Sumber Jawaban, Sekalipun Dunia Tidak Bisa Menawarkan Solusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel