Anda Tidak Akan Pernah Bertumbuh Tanpa Masalah Dan Persoalan

 

Image: pexels.com/osvaldo castillo

 

Siapa yang tidak mengenal sosok Presiden Indonesia sekarang? Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Ayahnya Noto Mihardjo adalah seorang penjual kayu di sebuah pinggir jalan di Solo.

 

Masa kecil Jokowi erat berhubungan dengan kayu. Di rumahnya yang kecil di bantaran Kali Anyar, Solo, penuh dengan tumpukan kayu dan bambu (https://news.detik.com/).

 

Alkitab menyajikan tokoh-tokoh iman era Perjanjian Lama yang dicatat dalam surat Ibrani 11:1-13. Uniknya ialah bahwa tidak satupun dari mereka tampil bersinar tanpa masalah dan pergumulan hidup.

 

Allah tidak menyingkirkan dan memisahkan hidup mereka lepas dari masalah-masalah hidup yang mereka harus lalui dan terjang.

 

Alkitab mencatat “karena iman...” artinya bahwa mereka terus hidup menerobosi segala rintangan, batasan-batasan yang mereka miliki di dalam kepercayaan dan harapan kepada Allah.

 

Pemazmur berkata “Sebab Engkau telah menguji kami, ya Allah, telah memurnikan kami, seperti orang memurnikan perak.” (Mazmur 66:10).

 

Pemazmur memakai istilah dari sebuah industri pengolahan logam yaitu perak. Ujian akan dilalui oleh setiap anak-anak sekolah baik di tingkat SD sampai SMA, kuliah bahkan di jenjang S1 hingga S3 (program doctoral).

 

Cara Allah memurnikan orang percaya bagaikan perak yang masuk ke dapur peleburan, peraknya akan dipanaskan dalam suhu yang tertentu, bentuknya pun akan berubah juga.

 

Semua orang percaya harus melalui pemurnian itu melalui suka duka yang mereka alami di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Tanpa masuk ke dalam dapur peleburan, mustahil orang percaya memiliki iman yang teruji.

 

Abraham menjadi bapa orang percaya pun melalui ujian yang tidak mudah, namun ia tetap beriman kepada Allah (Roma 4:18).

 

Yusuf dan Daud di usia yang mereka yang belia harus melalui hal-hal yang tidak pernah mereka pikirkan sebelumnya, namun melalui iman mereka Allah tetap terus berkarya dan menyertai mereka.

 

Bahkan seorang Paulus pun tidak lepas dari proses besar dan sulit yang ia harus hadapi (2 Korintus 4:8-11). Paulus menderita bukan karena dosa dan kesalahannya, namun karena Kristus.

 

Tidak ada iman yang dewasa dan kuat tanpa masalah yang hebat yang bisa menerpa dan menerjang seseorang. Bagi anda yang belum masuk ke dalam situasi dan kondisi ini, persiapkanlah dirimu.

 

Manakala anda menghadapi dan sedang melalui pergumulan itu, percayalah bahwa anda bukan orang pertama yang menerima dan mengalami semua itu.

 

Percayalah mereka bisa melalui itu bukan karena kekuatan dan kemampuan mereka yang terbatas sebagai manusia biasa, melainkan karena Allah menyertai mereka.

 

Hal yang paling berat dan menakutkan ialah bahwa kita merasa bisa dan kuat tanpa Allah. Kita mampu dan berhasil tanpa melibatkan Allah.

 

Namun justru sebaliknya kita melalui hal-hal berat dan melelahkan itu di dalam dan melalui Tuhan yang bekerja dan berkarya.

 

Apakah Allah akan memakai kita dan ia menghindarkan kita dari berbagai-bagai ujian dan cobaan? jawabannya adalah tidak!

 

Sekalipun kita harus menerima cobaan itu, api itu, badai itu, pergumulan, tantangan, kesulitan, kita tetap harus percaya dan berharap kepada Allah.

 

Merasa tidak berdaya tanpa Allah bukanlah sebuah hal yang memalukan, namun sebuah kebergantungan.

 

Semakin kita bergantung kepada Allah, maka kita akan semakin sedikit mengandalkan kekuatan dan kebisaan dan pengalamana kita sebagai manusia.

 

Tidak seorangpun yang bisa bertumbuh dengan baik tanpa masalah dan persoalan hadir dalam kehidupan mereka.

 

Namun percayalah asalkan Allah menyertai, maka kita akan diberi kekuatan dan kemampuan untuk terus bertahan dan kuat sekalipun di dalam kelemahan yang sementara kita miliki. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

 

 

 

0 Response to "Anda Tidak Akan Pernah Bertumbuh Tanpa Masalah Dan Persoalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel